Gandeng UI, Pesantren Algebra Bogor Optimistis Cetak Saintis dan Pemimpin Masa Depan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gandeng UI, Pesantren Algebra Bogor Optimistis Cetak Saintis dan Pemimpin Masa Depan

Editor: MMA
Sabtu, 16 Maret 2024 14:42 WIB

Prof. Dede Djuhana, Ph.D (kiri) dan KH Khariri Makmun (kanan). Foto: bangsaonline

BOGOR, BANGSAONLINE.com - Di tengah kesucian bulan Ramadhan 1445, , Ciawi, Bogor, melakukan penandatangan kerja sama pengembangan dan peguasaan iptek dengan (UI) Depok, Jawa Barat, Jumat (15/3/2024).

“Ini merupakan momen penting bagi perjalanan . Pesantren yang bertaraf internasional ini melakukan MoU kerja sama dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Depok, Jawa Barat,” kata , Dewan Masyayikh dan Pengasuh Pesantren Mewakili Algebra kepada BANGSAONLINE, Sabtu (16/3/2024).

Penandatangan dilaksanakan di gedung Laboratorium Riset Multidisiplin Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam .

Dalam penandatangan tersebut, Kiai Khariri Makmun mewakili , sedang dari pihak UI diwakili Eko Waludi, Kepala (LST), mewakili FMIPA UI.

“Diharapakan dari kerja sama, akan mampu mengembangkan wawasan ilmu pengetahuan dan mencetak saintis muda dari kalangan pesantren di bawah bimbingan langsung dari ilmuwan ,” kata Kiai Khariri Makmun.

( dan Eko Waludi usai penandatanganan MoU kerja sama. Foto: bangsaonline)

Menurut dia, salah satu di antara tujuan penandatanganan ini adalah pengembangan dan penguasaan bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam.

“Karena sesuai namanya, pesantren "Algebra" identik dengan Aljabar yang merupakan salah satu bentuk cabang ilmu dari matematika yang pembahasannya menyasar mengenai suatu penyederhanaan dan pemecahan masalah dengan memakai simbol pengganti. Berupa konstanta dan variabel, karena ilmu ini bisa dikatakan sebagai salah satu cabang ilmu matematika dengan di dalamnya memiliki teori bilangan, geometri dan teori aljabar dalam sebuah penelitian,” jelas Kiai Khariri Makmun.

Menurut dia, dengan membawa nama besar Aljabar, maka pesantren Algebra sudah sangat tepat untuk melakukan pengembangan sains dari para akademisi dan pakar iptek .

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video