Gelar Khataman Bersama 100 Hafidzhoh, Khofifah Ajak Perbanyak Tadarrus Alquran saat Ramadan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gelar Khataman Bersama 100 Hafidzhoh, Khofifah Ajak Perbanyak Tadarrus Alquran saat Ramadan

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Jumat, 15 Maret 2024 20:18 WIB

Ketua Umum PP Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ketua Umum PP , Indar Parawansa, menggelar khataman Quran di kediamannya, Jumat (15/3/2024). Agenda tersebut mendatangkan sebanyak 100 hafidzoh, para penghafal Alquran ini berhasil melakukan 20 kali khatam sejak pagi hingga waktu dhuhur.

mengatakan, khataman Alquran sengaja dihelat melengkapi amaliyah yang sebelumnya telah digelar, yaitu santunan anak yatim dan juga santunan dhuafa. Dijelaskan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang selalu ia gelar di hari Jumat Legi, yang mana khataman ini juga merupakan tradisi yang sudah dilakukan oleh ayahanya dan dilestarikan.

“Kegiatan khataman ini sudah puluhan tahun kami lakukan dan memang dilakukan setiap Jumat Legi. Jumat itu sayyidul ayyam yang biasanya dari sisi peribadahan setiap hari Jumat memang ibadahnya ditambah. Kebetulan kali ini Jumat Legi nya jatuh di awal , maka kegiatan ini menjadi amaliyah kita di hari keempat,” urai .

Pihaknya menegaskan, tadarrus atau membaca Alquran sangat dianjurkan di bulan . Terlebih karena Alquran pertama kali diturunkan juga di bulan suci .

“Dalam beberapa riwayat disebutkan bahwa Rasulullah setiap malam di bulan didatangi oleh Malaikat Jibril. Sehingga setiap malam itu Rasulullah melakukan tadarrus dan yang menyimak adalah langsung malaikat Jibril. Dalam sebulan Rasulullah menkhatamkan Alquran satu kali. Sehingga sangat diseyogyakan untuk membaca Alquran di bulan usahakan minimal khatam sekali,” kata Gubernur Jatim periode 2019-2024 ini.

Tadarrus sangat diseyogyakan dilakukan di malam hari. Akan tetapi jika tidak memiliki waktu di malam harindengan cukup tadarrus bisa dilakukan sehabis subuh ataupun seluangnya waktu.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video