BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem di Jawa Timur | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem di Jawa Timur

Editor: Redaksi
Kamis, 14 Maret 2024 22:56 WIB

Ilustrasi. Foto: Ist

BANGSAONLINE.com Stasiun Klimatologi Jawa Timur memprediksi cuaca ekstrem akan terjadi hingga pekan depan. Masyarakat diimbau untuk waspada terhadap cuaca ekstrem yang dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologi.

"Hujan lebat disertai angin kencang, banjir dan tanah longsor masih dimungkinkan terjadi sehingga masyarakat harus tetap waspada," kata Staf Analis Stasiun Meteorologi Jatim, Firda Amalia Maslahah.

Menurut dia, cuaca ekstrem terjadi karena terdapat fenomena atmosfer yang disebut dengan Madden Julian Oscillation (MJO) yang dapat menyebabkan peningkatan potensi hujan di wilayah Jawa Timur, termasuk Kabupaten Malang. 

MJO ialah gelombang atau osilasi non seasonal yang terjadi di lapisan troposfer yang bergerak dari Barat ke Timur dengan periode osilasi antara 30-60 hari. Saat ini, sedang memantau adanya bibit siklon di Samudera Hindia yang menyebabkan terjadinya cuaca ekstrem berupa gelombang tinggi, hujan disertai petir, maupun hujan disertai angin kencang. 

Fenomena tersebut sangat berdampak terhadap anomali curah hujan di wilayah yang dilaluinya. Sementara itu, Badan Juanda juga meminta masyarakat mewaspadai potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah Jawa Timur (Jatim) pada 12-18 Maret 2024. 

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video