Lapoda Tuding Ada Pergeseran Suara di Kota Malang | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Lapoda Tuding Ada Pergeseran Suara di Kota Malang

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Dadang Dwi Tanto
Kamis, 14 Maret 2024 19:18 WIB

Direktur Lapoda atau Lembaga Analisis Politik dan Otonomi Daerah, George Da Silva.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Lapoda atau Lembaga Analisis Politik dan Otonomi Daerah menyampaikan hasil kajiannya atas dugaan penggelembungan suara terhadap Caleg DPRD Jatim dari Dapil VI Malang Raya, ke salah satu Caleg DPRD Nomor Urut 2 atas nama Saifudin Zuhri.

Direktur Lapoda, George Da Silva, mengaku telah melakukan audit atau pencocokan dokumen C1 Hasil TPS atau C Hasil Salinan DPRD Provinsi di TPS dan D Hasil DPRD Kecamatan Sukun, Blimbing, dan Lowokwaru.

“Hasilnya hampir semua TPS di tiga kecamatan diduga mengalami pergeseran suara Partai ke suara caleg atas nama Saifudin Zuhri atau diduga suara dari partai lain,” ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (14/3/2024).

Kajian itu, kata George, bersumber dari beberapa pemberitaan tentang Caleg DPRD Provinsi Jatim atas nama Gunawan Wibisono yang melapor ke Bawaslu dan KPU terkait dugaan penggelembungan suara di 3 kecamatan (Blimbing, Sukun dan Lowokwaru).

“Saya tertarik, sebagai mantan Bawaslu kita melakukan analisa kejadian tersebut dengan mengumpulkan data selama 4 hari. Satu persatu kita rekap dan menemukan adanya pergeseran suara,” paparnya

Ia lantas memberi contoh, suara Saifudin waktu di TPS mendapatkan 1 suara, tapi di PPK ia mendapat 10 suara. Jadi jumlahnya 11 suara. Namun jumlah suara yang ada di parpol tidak berubah, dan juga tidak mengambil suara dari caleg lain.

“Suara dia juga bisa datang dari luar, tidak ambil dari caleg. Itu berdasarkan kajian analisa saya. Tapi kalau ada yang bilang diambil saya tidak tahu, karena saya terbatas hanya dengan sample nya,” ucapnya

Menurut dia, ada banyak TPS yang terjadi pergeseran suara di Kota Malang, di Kecamatan Sukun ada 570 TPS dengan 11 Kelurahan, Di Blimbing 527 TPS dengan 11 Kelurahan dan di Kecamatan Lowokwaru sebanyak 478 TPS dengan 12 Kelurahan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video