BMKG Perpanjang Masa Kewaspadaan Cuaca Ekstrem | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

BMKG Perpanjang Masa Kewaspadaan Cuaca Ekstrem

Editor: Redaksi
Rabu, 13 Maret 2024 23:06 WIB

Ilustrasi. Foto: Ist

BANGSAONLINE.com Banyuwangi kembali mengimbau masyarakat terkait dengan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah yang dapat mengakibatkan terjadinya bencana hidrometeorologi (hujan lebat, banjir, tanah longsor, angin kencang, puting beliung, serta hujan es) pada periode 12-18 Maret 2024 di Jawa Timur.

Gigik Nurbaskoro selaku Prakirawan Banyuwangi mengatakan, saat ini wilayah Jawa Timur khususnya kawasan Tapal Kuda (Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, dan Lumajang) berada di akhir musim hujan dan memasuki fase peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

Adanya aktivitas Madden Jullian Oscillation (MJO) dan Gelombang Rossby menambah tingginya potensi pertumbuhan awan konvektif di wilayah Jawa Timur, serta adanya sirkulasi siklonik di utara Australia mengakibatkan adanya pola konvergensi atau pertemuan angin di wilayah Jawa Timur yang berpengaruh terhadap peningkatan cuaca ekstrem sepekan kedepan.

"Cuaca di wilayah Jember berpotensi hujan pada pagi, siang hingga malam hari. Diharapkan selalu waspada pada kondisi cuaca buruk yang berubah sesaat seperti hujan lebat, angin kencang dan petir," kata Gigik, Rabu(13/3/2024).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video