Hari Raya Nyepi 1946 Saka, Umat Hindu di Kediri Gelar Festival Ogoh-ogoh | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Hari Raya Nyepi 1946 Saka, Umat Hindu di Kediri Gelar Festival Ogoh-ogoh

Editor: Novandryo W S
Wartawan: Muji Harjita
Minggu, 10 Maret 2024 12:09 WIB

Peserta Festival Ogoh-Ogoh persiapan untuk diberangkatkan. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dua puluh satu patung ogoh-ogoh dihadirkan saat festival ogoh-ogoh dalam rangka memperingati 1946 Saja di Tugu Garuda, Pare, Kabupaten Minggu (10/3/2024).

Sebelum arak-arakan ogoh-ogoh, dilaksanakan terlebih dahulu Upacara Tawur Agung Kesanga yang bertempat di sekitar Tugu Garuda Pare.

Warga Pare dan sekitarnya tumplek blek untuk melihat arak-arakan ogoh-ogoh. Mereka rela berdiri di sisi kiri dan kanan Jalan Pahlawan Kusuma Bangsa Kecamatan Pare, Kabupaten .

Tak ketinggalan, warung-warung kuliner dadakan juga ikut meramaikan acara tersebut. Untuk sementara arus lalu lintas di sepanjang jalan PK Bangsa dialihkan ke jalan lain.

Heri Iswanto, Ketua Panitia , menjelaskan Tawur Agung Kesanga ini memiliki makna membersihkan Jagad Bhuana Alit dan Bhuana Agung berdasarkan pada konsep Tri Hita Karana atau menyelaraskan hubungan tiga elemen penting, yakni manusia dengan Tuhan, manusia dengan alam, dan manusia dengan manusia.

Heri Iswanto, Ketua Panitia (foto: Muji Harjita)

"Untuk hari ini kita sedang melaksanakan Upacara Tawur Agung Kesanga, yaitu upacara untuk membersihkan alam semesta dan menetralisir hal-hal yang negatif yang ada di alam semesta," kata Heri yang juga Sekretaris 2 PHDI (Parisada Hindu Dharma Indonesia) Kabupaten , Minggu (10/3/2024).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video