Ponpes Wali Barokah Kota Kediri Launching Smart Card, ini Fungsinya | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ponpes Wali Barokah Kota Kediri Launching Smart Card, ini Fungsinya

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Kamis, 07 Maret 2024 14:03 WIB

Ketua Yayasan Wali Barokah H. Achmad Fawwas Abdul Aziz (empat dari kiri) saat menerima smart card secara simbolis dari perwakilan BSI. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pondok Kota Kediri me-launching smart card di aula pesantren setempat, Kamis (7/3/2024). Smart card merupakan upaya mewujudkan pesantren berbasis digital.

Ketua H. Achmad Fawwas Abdul Aziz menjelaskan fungsi smart card, antara lain untuk menerima kiriman uang dari wali santri, transaksi, presensi KBM, dan presensi jadwal makan.

Melalui smart card, pesantren bisa lebih mudah merekap dan mengontrol presensi santri. Di samping mengajarkan hemat pada santri karena bisa membatasi pemakaian uang, serta mengantisipasi kasus kehilangan/penyalahgunaan uang.

"Sementara bagi orang tua/wali santri, manfaatnya adalah dapat mengontrol keuangan anak di pesantren dan memudah dalam mengirim uang kepada anaknya di pesantren," kata Achmad Fawwas, Kamis (7/3/2024).

Menurutnya, smart card akan membuat santri lebih aman karena tidak perlu membawa uang tunai saat belanja.

"Dengan smart card, ponpes tidak hanya memperbarui sistem, tetapi juga meningkatkan kenyamanan dan keamanan bagi santri, orang tua, dan pengurus pondok," ucapnya.

Fawwas mengungkapkan sejauh ini implementasi smart card hanya terkendala proses pencetakan kartu, mengingat jumlah santri di Ponpes Wali Barokah, baik di dalam maupun di luar pesantren, yang mencapai 200 ribu.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video