Lebih Dulu Mana Nabi Adam atau Manusia Purba? Ini Kata Arkeolog UI | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Lebih Dulu Mana Nabi Adam atau Manusia Purba? Ini Kata Arkeolog UI

Editor: Arief
Rabu, 06 Maret 2024 21:51 WIB

Arkeolog UI Ali Akbar. Foto: Detil.com

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Umat Islam dan Kristiani meyakini merupakan manusia pertama di muka bumi. Bagaimana pandangan ilmiahnya?

Seorang Arkeolog Universitas Indonesia (UI), Ali Akbar mengatakan, dalam bukunya yang berjudul ‘Asal-usul Manusia Pertama di Bumi’, dirinya menggunakan pendekatan Arkeologi Al Quran (Quranic Archeology) yang menjadikan Al Quran sebagai pembanding temuan ilmuan mengenai manusia purba.

" itu bukan manusia purba, karena secara budaya dan arkeologi tidak cocok," kata Ali Akbar dalam diskusi buku di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Rabu (6/3/2024).

Dalam penjelasan Al Quran, disimpulkan secara anatomi, fisiologi dan morfologi sudah berfungsi sempurna. Sehingga, definisi manusia sesuai Al Quran adalah makhluk yang sudah sempurna. Inilah yang tidak terjadi pada manusia purba di periode Paleolitikum.

"Homo erectus belum bisa ngomong. Homo neanderthalensis bisa ngomong tapi tidak dapat menyuarakan beberapa vokal. Dengan demikian Adam bukan kategori Homo erectus dan Homo neanderthalensis," tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video