Ini Tujuan Klinik Lapas Kediri Gelar Skrining HIV | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ini Tujuan Klinik Lapas Kediri Gelar Skrining HIV

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Jumat, 23 Februari 2024 21:20 WIB

Petugas kesehatan saat memeriksa salah satu WBP Lapas Kelas IIA Kediri. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Klinik Pratama Rawat Jalan Lapas Kelas IIA Kediri telah melakukan kegiatan rutin skrining secara sukarela atau Voluntary Counselling and Testing (VCT) mandiri kepada warga binaan. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah masuknya ke dalam Lapas Kelas IIA Kediri.

Plt Kepala Lapas Kelas IIA Kediri, Budi Ruswanto, mengatakan bahwa pemeriksaan dan konseling kesehatan ini dilakukan oleh Tim VCT Mandiri di ruang poliklinik .

"Kegiatan rutin ini dilakukan sebagai upaya deteksi dan pencegahan penyakit menular seksual, salah satunya , mengingat warga Binaan Lapas/Rutan termasuk dalam Kelompok Resiko Penyebaran Penyakit Menular Seksual," ujarnya, Jumat (23/2/2024).

Ia menjelaskan, sasaran WBP (warga binaan pemasyarakatan) untuk mengikuti kegiatan kali ini sejumlah 20 orang, yang kemudian dilakukan screening awal sebagai pembuka kegiatan pemeriksaan dilanjutkan dengan pengambilan sampel darah oleh tim medis.

"Konseling menjadi rangkaian akhir kegiatan skrining kali ini. Hasil dari screening, menyatakan bahwa warga binaan di negatif, yang berarti bahwa tidak ada yang terjangkit /AIDS," paparnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video