Koalisi Mahasiswa dan Masyarakat Sipil Kediri Raya Serukan Darurat Demokrasi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Koalisi Mahasiswa dan Masyarakat Sipil Kediri Raya Serukan Darurat Demokrasi

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Minggu, 11 Februari 2024 19:12 WIB

Sekretaris AJI Kediri, Rekian, saat membacakan pernyataan sikap koalisi mahasiswa dan masyarakat Sipil Kediri Raya. Foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Koalisi mahasiswa dan masyarakat sipil Raya dari sejumlah organisasi seperti AJI (Aliansi Jurnalis Independen) , DPC , PC , PC , DK PPMI, dan Gusdurian Mojokutho mengeluarkan pernyataan sikap terkait dengan kondisi bangsa yang dinilai sedang tidak baik-baik saja, Minggu (11/2/2024).

Sebelum itu, mereka terlebih dulu menggelar nobar sebuah film yang menggambarkan perjalanan demokrasi di Indonesia dan mimbar bebas. Sekretaris AJI , Rekian, yang membacakan pernyataan sikap mengatakan, alarm tanda bahaya telah menyala. 

Menurut dia, status demokrasi di Indonesia naik level dari waspada menjadi awas. Dengan demikian, mahasiswa dan masyarakat harus merapatkan barisan selamatkan demokrasi dari cengkeraman tirani.

Ia menjelaskan, tagline 'reformasi dikorupsi' menggema disudut-sudut pelosok negeri pada 2019. Kajian dan diskusi mahasiswa serta aktivis menggelinding di ruang publik, lalu terjadinya kriminalisasi aktivis serta rentetan Rancangan Undang–Undang, hingga pelemahan KPK telah memicu pergolakan massa aksi yang memprotes kebijakan bebal dari penguasa.

"Kini, alarm itu berbunyi semakin kencang. Statusnya naik dari level dari waspada menjadi awas!! Presiden tidak lagi malu mempertontonkan penyalahgunaan kekuasaannya. Bukan hanya cawe-cawe pilpres 2024, dia juga melakukan politisasi bantuan sosial. Bahkan tidak punya malu perkuat politik dinastinya. Bersama koleganya, secara terus menerus melakukan upaya membunuh demokrasi," paparnya.

, kata Rekian, telah mabuk kekuasaan. Sebelum bertindak semakin jauh, mahasiswa dan masyarakat wajib menghentikannya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video