Bonsai Kimeng Milik Ketua Rubi Kediri ini Dihargai Rp500 Juta | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Bonsai Kimeng Milik Ketua Rubi Kediri ini Dihargai Rp500 Juta

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Kamis, 08 Februari 2024 11:08 WIB

Bonsai jenis kimeng yang dihargai Rp500 juta saat dilakukan perawatan. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Siapa sangka, tumbuhan yang dikerdilkan atau biasa disebut bonsai harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah. Tapi bagi penghobi dan penggemar bonsai, harga selangit itu sudah biasa.

Seperti bonsai jenis kimeng milik Solik, Ketua Rumah Indonesia (Rubi) Kediri, yang ditawar hingga Rp300 juta oleh penghobi bonsai lain. Namun, Solik belum mau melepasnya, karena ia mematok harga Rp500 juta.

Kepada BANGSAONLINE.com, Solik menjelaskan bahwa bonsai merupakan tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot. Tujuannya, membuat miniatur dari bentuk asli pohon tersebut di alam bebas.

Selain kimeng, jenis pohon lain yang bisa dijadikan bonsai adalah serut, mustan, dan jenis ficus lainnya.

"Semakin tua umur bonsai, maka semakin mahal harganya. Umur bonsai jenis kimeng milik saya ini sudah kami rawat selama 10 tahun. Sebelum saya ambil dari penghobi lain, umurnya sudah sekitar 12 tahun. Jadi umur bonsai kimeng ini sudah sekitar 22 tahun," kata Solik saat ditemui di rumahnya, Desa Wates, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri.

Kimeng yang nama latinnya Ficus Microcarpa ini memang memiliki ketahanan hidup relatif lama jika dirawat dengan baik dan benar.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video