RUPS 2023, Bank Jatim Tebar Dividen Senilai Rp816 Miliar | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

RUPS 2023, Bank Jatim Tebar Dividen Senilai Rp816 Miliar

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Rabu, 07 Februari 2024 16:38 WIB

Gubernur Khofifah beserta seluruh dewan komisaris serta direksi Bank Jatim.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com telah melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2023. Gubernur yang mewakili Pemprov Jatim sebagai pemegang saham pengendali beserta seluruh dewan komisaris serta direksi menghadiri agenda yang berlangsung pada hari ini, Rabu (7/2/2024).

Dalam kesempatan tersebut, gubernur menjelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi Jawa Timur sejauh ini sangat positif. Capaian PDRB Jawa Timur berhasil menunjukkan kontribusi sebesar 14,22 persen atas pembentukan PDB Indonesia dan 24,99 persen terhadap PDRB untuk pulau Jawa.

Selain itu, stabilitas sistem keuangan di Jawa Timur pada triwulan 3 tahun 2023 juga terpantau terjaga dengan baik. Berdasarkan data OJK, rasio kecukupan modal, kecukupan likuiditas, dan resiko kredit perbankan masih terjaga di batas aman yang tentunya menyesuaikan dengan tingkat suku bunga acuan sesuai dengan kebijakan.

”Struktur kredit di Jawa Timur didominasi oleh kredit rumah tangga yang berkontribusi 28 persen, diikuti dengan kredit perdagangan yang berkontribusi 26,10 persen, dan kredit industri berkontribusi 21 persen. Hal ini mencerminkan bahwa adopsi kredit pada masyarakat rumah tangga berkontribusi secara masiv dalam transaksi keuangan secara regional,” urai .

Berikutnya adalah data OJK per September 2023 yang menunjukkan bahwa kinerja sektor perbankan di Jawa Timur tetap bertumbuh. Hal tersebut terlihat dari pertumbuhan asset perbankan yang meningkat 5,46 persen sehingga menjadi Rp89,1 triliun. 

Kemudian, Dana Pihak Ketiga meningkat 3,74 persen sehingga menjadi Rp741,1 triliun, dan kredit yang diberikan meningkat 5,66 persen menjadi Rp558,3 triliun.  menegaskan, sebagai BUMD tentu memainkan peranan yang sangat penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Jawa Timur. 

Melalui pembiayaan dan dukungan finansial, telah mendorong sektor-sektor utama dalam perekonomian termasuk di antaranya mendukung pengembangan UMKM di Jawa Timur. Gubernur menyatakan, ”Terima kasih untuk seluruh ikhtiar .”

juga menyebutkan, seperti yang diketahui bersama, koperasi dan UMKM masih menjadi backbone perekonomian Jawa Timur. Kontribusi terhadap PDRB Jawa Timur setiap tahun terus mengalami peningkatan. Adapun target 2023-2024 adalah sebesar 58,5-58,9 persen.

”Beberapa waktu lalu kami hadir di Bojonegoro untuk meresmikan sebuah korporasi yang dibentuk dari koperasi. Biasanya korporasi membentuk koperasi, tapi ini koperasi membentuk korporasi. Ini tentu menjadi goodnews," kata .

"Hal-hal seperti ini kami rasa bisa menjadi referensi bagi untuk meluaskan bagaimana sebuah koperasi kemudian didorong untuk bisa membentuk korporasi. Dan sekali dibuka, itu sudah merekrut 3.090 tenaga kerja,” imbuhnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video