Ketika Gus Ali dan Dua Putranya Kader PKB serta Menantunya Kader PDIP Deklarasi 02 Pasca OTT KPK | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ketika Gus Ali dan Dua Putranya Kader PKB serta Menantunya Kader PDIP Deklarasi 02 Pasca OTT KPK

Editor: Tim
Jumat, 02 Februari 2024 09:32 WIB

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor saat orasi mendukung 02 di Pondok Pesantren Bumi Shalawat yang diasuh KH Agoes Ali Masyhuri atau Gus Ali, Kamis (1/2/2024). Foto: CNNIndonesia

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com – Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo yang nyaris menangkap Ahmad Muhdlor Ali Kamis (25/01/2024) lalu tampaknya langsung mengubah pilihan politik dua bupati dan satu anggota DPR RI keluarga KH Agoes Ali Masyhuri (Gus Ali) Tulangan Sidoarjo.

Gus Ali yang selama ini dikenal dekat dengan A. Muhaimin Iskandar, Ketua Umum , langsung deklarasi mendukung pasangan (paslon) 02 Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Padahal Gus Muhdlor, putra Gus Ali, yang kini bupati Sidoarjo adalah kader .

Saat Pilbub Sidoarjo Gus Muhdlor juga diusung . Untuk mendukung Gus Muhdlor, Cak Imin – panggilan Muhaimin Iskandar – bahkan sempat mengabaikan Iin, putra Bupati Saiful Ilah, anggota DPRD yang juga jadi calon bupati Sidoarjo saat itu.

Bukan hanya Gus Ali dan Gus Muhdlor yang tiba-tiba berubah mendukung 02. , Fandi Ahmad Yani, menantu Gus Ali, juga langsung berubah pilihan. Ia mendukung -Gibran. Padahal Gus Yani – panggilan Fandi Ahmad Yani – selama ini identik dengan PDIP. Ia bahkan kerap menemani atau bertemu Ganjar Pranowo, capres 03. Gus Yani menjadi bupati Gresik memang diusung oleh PDIP saat pemilihan bupati kota pudak itu.

Gus Yani sebelumnya merupakan kader . Ia bahkan sempat menjadi ketua DPRD Gresik karena menang di kota nasi krawu itu. Namun saat mau menjadi calon bupati Gresik, menantu Gus Ali itu loncat ke PDIP. Otomatis dia ikrar setia pada PDIP dan mendapat kartu anggota PDIP.

Yang menarik, bukan hanya Gus Ali, Gus Muhdlor dan Gus Yani, yang tiba-tiba berubah. Putra Gus Ali yang lain yaitu Syaikhul Islam yang kini anggota DPR RI dari FKB dari dapil Surabaya-Sidoarjo juga ikut berubah. Ia ikut mendukung 02.

Gus Ali saat mendoakan Anies-Muhaimin di Pondok Pesantren Bumi Shalawat, Sidoarjo, Jawa Timur, Ahad (15/10). Foto: Ist

Kini Gus Ali dan anaknya, Gus Mudlor serta menantunya, Gus Yani, dan Syaikhul Islam terang-terangan mendukung paslon 02. Mereka ikrar dukung 02 dalam acara shalawatan sekaligus deklarasi di pondok pesantren yang dipimpinnya, yaitu Pondok Pesantren Bumi Shalawat, Sidoarjo, Kamis (1/2/2024). Acara tersebut bertajuk Nderek Kyai Gibran.

Karuan saja warga Jawa Timur kaget sekaligus prihatin. Para kiai di Jawa Timur yang mayoritas NU sangat kasihan pada Gus Ali yang terpaksa berubah haluan dalam pilpres. Benarkah Gus Ali, anak dan menantunya yang jadi kepala daerah mendapat tekanan? Yang pasti, perubahan tiba-tiba tentang pilihan pilpres yang menimpa Gus Ali itu mendapat banyak perhatian masyarakat Jawa Timur.

“Ini berarti kader-kader NU menjadi target politik dengan cara memainkan hukum,” keluh seorang kiai di grup WhatsAPP (WA) yang anggotanya para kiai, guru besar NU dan aktivis NU.

“Kita tersinggung karena kader-kader NU dijadikan mainan, sehingga mereka tak akur sesama kader NU,” lanjutnya.

Syaikhul Islam, putra Gus Ali. Foto: istimewa

Kalangan petinggi partai di Jawa Timur juga kaget. Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari Bisowarno heran tiba-tiba Gus Yani tiba berubah. Padahal, menurut Untari, Gus Yani adalah kader PDIP.

"Ya, bupatinya kita (Gus Yani). Tapi ya begitu. Seperti yang disampaikan Pak Hasto (Sekjen PDIP) tadi pagi," ujar Untari dikutip detik.com.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video