OPM Jember, Gubernur Khofifah Pastikan Harga Bahan Pokok di Jawa Timur Stabil dan Stoknya Terkendali | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

OPM Jember, Gubernur Khofifah Pastikan Harga Bahan Pokok di Jawa Timur Stabil dan Stoknya Terkendali

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Rabu, 31 Januari 2024 19:43 WIB

Gubernur Khofifah saat membagikan sembako kepada masyarakat ketika gelaran OPM atau operasi pasar murah di Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Gubernur kembali menggelar OPM atau operasi pasar murah di , Rabu (31/1/2024). Sebelumnya, kegiatan serupa juga telah dilakukan di banyak daerah di Jawa Timur.

Mentan Menteri Sosial itu mengatakan, gelaran pasar murah bertujuan untuk meningkatkan daya beli masyarakat, serta menjaga kestabilan harga dan pasokan bahan pokok di Jawa Timur. Saat melakukan peninjauan, gubernur tampak membagi-bagikan produk sembako yang di-display secara gratis kepada masyarakat, seperti beras kemasan 5 kg gratis bagi pembeli lansia.

juga sempat memanggil pembeli yang membawa anak untuk dibagikan telur ayam gratis sambil berpesan agar gizi anaknya diprioritaskan jangan sampai stunting.

"Di setiap titik saya selalu membagikan telur untuk anak-anak, balita, dan ibu hamil. Tidak seberapa, tapi harapan kita adalah mereka akan memahami betapa pentingnya protein dan pemenuhan bagi bayi, balita, dan ibu hamil," tuturnya.

Adapun harga sembako yang dijual di pasar murah semuanya dibawah HET. Beras SPHP 5 kg dijual Rp52 ribu atau Rp10.400,00. per kg, beras kita premium 5kg dijual Rp60 ribu atau Rp12 ribu per kg.

Selain itu, ada pula telur ayam yang dijual Rp24 ribu per kg, gula pasir Rp14 ribu per kg, minyak kita Rp13 ribu per liter, dan minyak sovia 2 liter Rp32 ribu. HET di untuk beras medium seharga Rp10.900,00. per kg, Minyakita seharga Rp14 ribu per liter, gula seharga Rp16 ribu per kg, dan telur ayam ras seharga Rp27 ribu per kg.

"Kita berharap ini menjadi penetrasi harga yang dapat dijangkau oleh masyarakat. Semua di bawah HET. Beras itu HET-nya Rp 10.900, di Pasaran bisa Rp11.900,00. tapi di sini kita jual Rp10.400,00." kata .

"Jadi secara harga sudah memenuhi keterjangkauan daya beli masyarakat, sehingga saya minta kepada setiap kepala daerah, tolong tetap dijaga stabilisasi harganya," imbuhnya.

Orang nomor satu di Jatim itu menyebutkan, pasar murah kali ini juga merupakan bagian dari langkah Pemprov Jatim untuk melakukan monitoring dan pengendalian terhadap harga bahan pokok di masyarakat.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video