ITB Sediakan Sistem Pinjaman Online untuk Mahasiswa, Simak Penjelasan OJK | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

ITB Sediakan Sistem Pinjaman Online untuk Mahasiswa, Simak Penjelasan OJK

Editor: Annisa'a Ambarnis
Sabtu, 27 Januari 2024 14:58 WIB

ITB Sediakan Sistem Pinjaman Online untuk Mahasiswa, Simak Penjelasan OJK. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Institut Teknologi Bandung (ITB) saat ini sedang ramai dibahas dikarenakan memberikan layanan pinjaman online () untuk mahasiswanya.

Informasi ayang beredar di linimasa media sosial menerangkan bahwa, mahasiswa dapat meminjam dana tanpa uang muka atau DP dan jaminan dengan pilihan pembayaran selama 6 atau 12 bulan.

Adapun bunga biaya bulanan sebesar 1,75 persen dan biaya persetujuan 3,00 persen.

Selain itu dipaparkan juga bahwa pihak ITB telah bekerja sama dengan lembaga keuangan yang telah berijin Otoritas Jasa Keuangan ().

"Kepala Humas ITB, Naomi Haswanto menyebut ITB memang bekerja sama dengan lembaga non-bank yang berijin untuk pembayaran kuliah," tulis Instagram @mood.jakarta.

Dalam beberapa unggahan yang beredar, ITB bekerja sama dengan Danacita untuk pemberian pinjaman kepada mahasiswanya.

Sarjito selaku Deputi Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen mengatakan, pihaknya belum mengetahui lebih lanjut mengenai sistem pinjaman untuk pembayaran uang kuliah di ITB.

Sarjito menegaskan bahwa tidak akan mencampuri kebijakan yang dilakukan oleh pihak kampus terkait dengan pinjaman uang kuliah tersebut.

"Saya baru hari ini mendengar pemberitaan soal hal ini. juga tidak akan masuk dalam wilayah kebijakan ITB jika berita itu benar," ujar Sarjito.

Namun, Sarjito menyatakan dapat melakukan panggilan terhadap Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) yang disebut dalam unggahan yang beredar.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video