Ini Alasan TPA Tlekung Kembali Beroperasi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ini Alasan TPA Tlekung Kembali Beroperasi

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Adi Wiyono
Rabu, 10 Januari 2024 21:13 WIB

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, saat meninjau operasional TPA Tlekung.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - TPA Tlekung yang sempat ditutup akhir Agustus 2023 lalu akhirnya kembali beroperasi. Keputusan itu diambil setelah memberikan penjelasan mekanisme TPA Tlekung yang sekarang bukan seperti yang dulu, yakni sebagai tempat pemrosesan akhir, bukan tempat pembuangan akhir sampah.

Keputusan ini diambil dalam pertemuan Kepala Desa Tlekung, warga, dan pemerintah daerah setempat pada Selasa (9/1/2024) malam. Pertemuan yang berlangsung sekitar 1,5 jam ini menghasilkan kata sepakat asal konsisten untuk tidak lagi menambah volume sampah di TPA Tlekung.

Kepala Desa Tlekung, Mardi, mengaku senang dengan pertemuan antara warga dan yang menghasilkan kata sepakat. Ia juga berkeinginan agar segera disusun pedoman tata kelola sampah Kota yang nantinya akan disosialisasikan kepada warga.

"Kami berharap Pemerintahkota konsisten untuk tidak lagi menambah volume sampah di TPA Tlekung," ujarnya.

Kembali beroperasinya TPA Tlekung, Pj Wali Kota , Aries Agung Paewai, berterima kasih kepada masyarakat Tlekung.

"Akhirnya permasalahan pembukaan kembali TPA Tlekung dinyatakan tuntas. Sekali lagi saya sampaikan bahwa TPA Tlekung bukan tempat pembuangan akhir sampah tetapi tempat pemrosesan akhir sampah," paparnya.

Artinya, lanjut Aries, ada penambahan 3  incinerator di TPA Tlekung diprioritaskan untuk mengolah sampah yang sudah ada, residu sampah yang zero waste, dan pengolahan sampah khusus warga Tlekung. Dengan demikian, tidak ada penambahan volume sampah, pencemaran air, dan juga bau.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video