Ini Kronologi Kecelakaan KA Turangga Jurusan Surabaya Gubeng-Bandung | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ini Kronologi Kecelakaan KA Turangga Jurusan Surabaya Gubeng-Bandung

Editor: Arief
Jumat, 05 Januari 2024 14:40 WIB

Gerbong KA Turangga masuk ke area sawah setelah tabrakan dengan KA Bandung Raya. Foto: Bisnis.com

BANDUNG, BANGSAONLINEcom - Kecelakaan Kereta API Turangga jurusan Surabaya Gubeng-Bandung dengan KA Commuter Line Bandung Raya ini, menyebabkan 4 orang meninggal dunia,

Berdasarkan kronologi kecelakaan itu, berawal saat pukul 06.03 WIB di Kampung Babakan DKA Desa. Cikuya, Kec. Cicalengka, Kab. Bandung di KM 181 + 5/4.

Spesifikasi kereta yang mengalami tabrakan yakni KA Turangga jurusan Surabaya-Gubeng Bandung dengan No. Lokomotif CC 206 13 97, dengan KA Lokal Padalarang-Cicalengka dengan No. KA 350.

Sementara, berdasarkan keterangan PT Kereta Api Indonesia (Persero), kecelakaan tersebut turut menyebabkan terganggunya perjalanan di kawasan tersebut.

“Jalur rel antara Haurpugur – Cicalengka untuk sementara tidak dapat dilalui akibat kecelakaan tersebut. KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi kepada para penumpang di 2 KA yang mengalami musibah tersebut,” kata EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji, dikutip dari siaran pers.

Ia juga menjelaskan, upaya selanjutnya akan melakukan evakuasi rangkaian kereta api dengan perbaikan jalur rel yang mengalami kerusakan.

Kemudian, perjalanan KA yang melintas di Haurpugur-Cicalengka, pihaknya akan melakukan rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain.

Agus juga menyebutkan, akan melakukan investigasi bersama KNKT, untuk mengetahui penyebab kecelakaan.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan dua korban tewas telah dievakuasi ke rumah sakit sementara dua lainnya masih terjepit rangkaian kereta.

"Dua yang tewas sudah dievakuasi, mereka masinis dan asisten masinis. Dua lainnya masih dalam proses evakuasi, mereka yaitu pramugara dan satu lagi belum diketahui, diduga dari petugas KAI," ungkap Ibrahim, di lokasi kejadian, Jumat (5/1/2024).

Sementara itu, terdapat total 28 orang korban luka-luka yang sudah dievakuasi ke RSUD Cicalengka.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video