Indeks Kerukunan Umat Beragama Jawa Timur Lampaui Nasional, Gubernur Khofifah Ucapkan Rasa Syukur | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Indeks Kerukunan Umat Beragama Jawa Timur Lampaui Nasional, Gubernur Khofifah Ucapkan Rasa Syukur

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Senin, 01 Januari 2024 19:34 WIB

MADINAH, BANGSAONLINE.com - Berdasarkan data yang dirilis Pusaka Super App, Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) Provinsi Jawa Timur pada 2023 mencapai 77,55. Catatan tersebut berhasil melampaui rata-rata Indeks KUB nasional di periode yang sama, yaitu 76,02.

Terdapat 3 dimensi yang dipotret dalam penilaian indeks kerukunan umat beragama, toleransi (74,47), kesetaraan (77,61), dan kerja sama (76,00). Terkait hal tersebut, Gubernur mengapresiasi kepada seluruh masyarakat dari berbagai elemen yang turut menjaga kerukunan di Bumi Majapahit.

"Alhamdulillah Indeks KUB Jatim Tahun 2023 berhasil melampaui rata-rata nasional. Insya Allah dengan kerja sama semua pihak ke depan akan lebih meningkat lagi," ujarnya saat berada di Madinah untuk menjalankan Umroh, Senin (1/1/2024).

Ia menyampaikan, kenaikan Indeks KUB Jatim ini menjadi cerminan suasana Jatim yang selalu menjaga interaksi sosial guyub rukun dan harmonis. Menurut dia, kestabilan kondisi masyarakat Jawa Timur sebagai salah satu Episentrum Indonesia di wilayah Timur tentu sangat berpengaruh secara nasional.

"Kerukunan umat beragama di Jawa Timur ini penting agar terbangun mutual respect dan selanjutnya bisa terjalin mutual trust atau kepercayaan satu sama lain. Karenanya, Jawa Timur tidak boleh batuk, karena dropletnya bisa mempengaruhi nasional," tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video