Salat di Bulan, Bagaimana Cara Hadap Kiblat, Tafsir Ak-Quran Aktual HARIAN BANGSA | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Salat di Bulan, Bagaimana Cara Hadap Kiblat, Tafsir Ak-Quran Aktual HARIAN BANGSA

Editor: MMA
Senin, 01 Januari 2024 17:51 WIB

Dr KH Ahmad Musta'in Syafi'i. Foto: Tebuireng online

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Rubrik ini diasuh oleh pakar tafsir Dr KH A. Musta'in Syafi'i, Mudir Madrasatul Qur'an Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur. Kiai Musta'in selain dikenal sebagai mufassir juga Ulama Hafidz (hafal al-Quran 30 juz). Tafsir ini ditulis secara khusus untuk pembaca HARIAN BANGSA, surat kabar yang berkantor pusat di Jl Cipta Menanggal I nomor 35 Surabaya. Tafsir ini terbit tiap hari, kecuali Ahad. Kali ini Kiai Musta’in menafsiri Surat Al-Abiya: 31-33. Selamat mengikuti.

“Wa ja’alna alsama saqfa mahfudha”. Langit sebagai atap, selain tak mungkin runtuh karena konstruksinya sangat kokoh, juga desainnya indah dan menakjubkan. Kini barulah umat manusia menyadari akan firman-firman suci tentang langit. Ternyata, memanfaatkan kolong langit menjadi transportasi udara paling cepat dan paling efektif.

Langit kini tidak saja menjadi obyek observasi besar-besaran dan canggih-canggihan sehingga di atas sana penuh denga rongsokan satelit yang sudah tidak aktif. Bahkan sudah ada jasa, travel yang menawarkan rekreasi ke sono.

Kata “mahfudah” yang menjadi sifat langit sebagai atap adalah “guaranted statement”, bentuk jaminan Tuhan perihal keamanan langit. Itu artinya, Tuhan memberitahu manusia agar tidak menjadikan bumi sebagai satu-satunya tempat tinggal atau tempat rekreasai. Masih ada planet di kolong langit ini yang aman, planet bulan misalnya.

”Mahfudha”, bisa dalam artian tejaga kekokohan konstruksinya, sehingga tidak mungkin runtuh berkeping-keping seperti gugatan para kafir dulu (al-isra’:92).

Atau cuacanya terjaga dan aman, iklimnya aman, transportasi menuju ke sana aman, tidak ada kemacetan, tidak ada badai dan tidak ada erupsi.

Itu artinya, ke depan, di bulan mungkin bisa dibangun cafe-cafe dengan segala servisnya sehingga penduduk bumi sering ngopi ke sana. Sementara dalam sisi ibadah menunjukkan, bahwa di bulan juga representasi sebagai tempat ibadah.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video