Inilah Perbedaan Gus Dur dan Jokowi soal Konstitusi dan Keluarga | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Inilah Perbedaan Gus Dur dan Jokowi soal Konstitusi dan Keluarga

Editor: MMA
Minggu, 31 Desember 2023 06:42 WIB

Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) saat keluar Istana untuk menyapa pendukung, Senin 23 Juli 2001. Foto: AFP/OKA BUDHI/CNN

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid () wafat 14 tahun lalu, 30 Desember 2009. Cucu Hadratussyaikh KH Muhammad Hasyim Asy'ari, pendiri NU dan Pesantren Tebuireng Jombang itu dikenal sebagai presiden cerdas dan humoris. wafat pada usia 69 tahun. Berarti kini suasana Haul ke-14.

Lalu apa yang perlu kita teladani dari Sang Guru Bangsa itu? Simak analisis BANGSAONLINE di bawah ini:

“Tidak ada jabatan di dunia ini yang harus dibela mati-matian,” itulah pernyataan legendaris Presiden ke-4 KH Abdurrahman Wahid ketika dilengserkan oleh MPR yang diketuai Amien Rais.

Tapi, kata pada kesempatan lain, jika menyangkut penegakan konstitusi, berkorban jiwa atau nyawapun pun akan dipertaruhkan belani.

“Tapi kalau menyangkut konstitusi, nyawapun saya pertaruhkan,” tegas dalam bahasa Jawa saat memberikan pengajian di depan warga NU.

Pernyaataan itu sangat menarik. Pada satu sisi ikhlas dikudeta oleh segerombolan politisi cowboy senayan. Ia bahkan melarang pendukungnya (warga NU) melakukan perlawanan agar tak terjadi pertumpahan darah.

Tapi pada sisi lain, - yang nota bene korban “kudeta konstitusional” - justru bertekad akan mempetaruhkan nyawa atau jiwa untuk menjaga konstitusi.

Sikap kesatria dan kenegarawan sangat urgen diungkap kembali pada akhir pemerintahan Presiden Joko Widodo. Yang secara terang-terangan mengaku akan cawe-cawe sehingga ditengarahi punya hasrat melanggengkan kekuasaan lewat politik dinasti dan oligarki.

Diakui atau tidak, watak politik berbeda secara diametral dengan . Jika rela mati demi konstitusi. justeru ditengarahi "bermain-main" dengan konstitusi. 

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video