2023, Bupati Kediri Hadirkan Sekolah Gratis hingga Tingkatkan Kesejahteraan Guru non-ASN | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

2023, Bupati Kediri Hadirkan Sekolah Gratis hingga Tingkatkan Kesejahteraan Guru non-ASN

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Sabtu, 30 Desember 2023 19:02 WIB

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana ketika berinteraksi dengan siswa. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan, termasuk mereka anak-anak dari keluarga tidak mampu. Hal inilah yang mendorong Pemerintah Kabupaten Kediri pada tahun 2023 mendirikan boarding school gratis.

Bekerja sama dengan Putra Sampoerna Foundation (), Boarding School menjadi sekolah gratis pertama yang didirikan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana. Di tahun ajaran 2023/2024 ini sebanyak 130 anak menjadi siswa sekolah itu.

“Spirit pendirian sekolah ini adalah mengangkat derajat hidup masyarakat kita yang paling bawah. Mereka yang menjadi siswa sekolah itu harus benar-benar dari keluarga yang tidak mampu,” kata Bupati Kediri, Sabtu (30/12/2023).

Dengan mendapat kesempatan bersekolah gratis, ia berharap anak-anak dari keluarga kurang mampu dalam jangka panjang dapat bersaing untuk mendapatkan pekerjaan yang terbaik sehingga dapat mengangkat derajat hidup keluarga.

Kualitas pendidikan, termasuk kehidupan keseharian siswa selama di asrama menjadi perhatian serius bupati yang karib disapa tersebut. Ia menegaskan akan terus memantau perkembangan siswa, bahkan tak jarang dirinya melakukan kunjungan ke sekolah.

“Orang tua mereka menitipkan anaknya kepada kami, maka kami punya tanggung jawab untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada anak-anak ini,” urainya.

Bersama , lanjutnya, pemerintah daerah mengupayakan para siswa setelah lulus nantinya memiliki kesempatan melanjutkan ke perguruan tinggi melalui jalur beasiswa. Terlebih program beasiswa ini di Pemerintah Kabupaten Kediri dari tahun ke tahun terus digenjot.

Menurutnya, pada tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Kediri tercatat menyalurkan beasiswa GNOTA bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu dengan nilai Rp23 miliar. Jumlah ini meningkat dari tahun 2022 sebanyak Rp22,5 miliar dan 2021 sebanyak Rp20 miliar.

Tak kalah penting untuk meningkatan mutu pendidikan bagi anak didik, kompetensi tenaga pendidik juga menjadi perhatian pemerintahan daerah. Guna meningkatkan kompetensi guru dilakukan kegiatan pendampingan, termasuk di adakannya program pertukaran guru.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video