Protes PBNU Soal Pemecatan Kiai Marzuki, Kantor PWNU Jatim Dipenuhi Karangan Bunga | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Protes PBNU Soal Pemecatan Kiai Marzuki, Kantor PWNU Jatim Dipenuhi Karangan Bunga

Editor: Tim
Sabtu, 30 Desember 2023 16:45 WIB

Salah satu karangan bunga yang dipajang di sekitar kantor PWNU Jawa Timur Jalan Masjid Al-Akbar Timur No. 9 Gayungan Surabaya, Sabtu (30/12/2023). Foto: BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ada pemandangan berbeda di Kantor Pengurus Wilayah (PWNU) Jawa Timur yang terletak di Jalan Masjid Al-Akbar Timur No. 9 Gayungan Surabaya. Hari ini, Sabtu 30 Desember 2023, banyak karangan bunga menghiasi kantor PWNU Jatim yang posisinya di depan Masjid Al-Akbar Surabaya.

Pantauan BANGSAONLINE.com, narasi karangan bunga itu berupa protes terhadap sikap Pengurus Besar (PBNU) yang memecat KH Marzuki Mustamar sebagai Ketua PWNU Jawa Timur. 

Karangan bunga itu di antaranya berbunyi: Turut Prihatin dan Berduka Atas Pemecatan KH Marzuki Mustamar sebagai ketua PWNU Jatim Akibat Matinya Budaya Tabayun di NU.

Ada juga karangan bunga yang berbunyi: Selamatkan dari Adu Domba Walikota Pasuruan, #2024GantipengurusPBNU, #2024MLB. Karangan bunga ini atas nama Jaringan Nadhliyin Bergerak.

Juga ada karangan bunga berbunyi: Bersihkan NU dari Badut-Badut politik yg Doyan Uang. Karangan bunga tersebut atas nama Anak Muda NU Bangkit.

Bahkan ada juga yang berbunyi: Selamatkan PBNU dari kelompok Prakmatis & Semena-Mena Memimpin PBNU. #Save PBNU. Karangan bunga itu atas nama Jaringan Santri Nusantara.

Selain itu juga ada yang berbunyi: Muktamar Luar Biasa Jalan Tengah Menuju Kebaikan NU, atas nama Nahdliyin Nusantara Bersatu.

Seorang aktivis NU di kantor PWNU Jawa Timur yang enggan disebut namanya menuturkan kepada BANGSAONLINE bahwa karangan bunga itu terus berdatangan.

“Saya tidak tahu siapa yang mengirim. Tapi karangan bunga itu terus berdatangan,” katanya.

Seperti diberitakan BANGSAONLINE, Ketua PWNU Jawa Timur Dr KH Marzuki Mustamar diberhentikan oleh Pengurus Besar (PBNU). Informasi itu beredar di grup WA para kiai dan kader NU.

Informasi yang diterima BANGSAONLINE.com, proses pemberhentian Mustamar itu sudah menyebar sejak dua minggu lalu. Beberapa pengurus PWNU Jatim yang enggan disebut namanya menuturkan bahwa pemberhentian Mustamar itu sudah diproses sejak beberapa hari lalu.

KH Abdussalam Shohib (Gus Salam) ketika dikonfirmasi BANGSAONLINE membenarkan bahwa Mustamar memang diberhentikan oleh PBNU. Hanya saja cucu KH Bisri Syansuri, salah seorang ulama pendiri NU itu, mengaku belum tahu alasan pemberhentiannya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video