Kisah Umar Bin Khattab Usir Malaikat Munkar-Nakir | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kisah Umar Bin Khattab Usir Malaikat Munkar-Nakir

Editor: MMA
Senin, 11 Desember 2023 10:52 WIB

Dr. KH. Ahmad Musta'in Syafi'i. Foto: Tebuireng Online

Dr. KH. Ahmad Musta'in Syafi'i

Rubrik ini diasuh oleh pakar tafsir Dr KH A. Musta'in Syafi'i, Mudir Madrasatul Qur'an Pesantren Jombang Jawa Timur. Kiai Musta'in selain dikenal sebagai mufassir juga Ulama Hafidz (hafal al-Quran 30 juz). Tafsir ini ditulis secara khusus untuk pembaca HARIAN BANGSA, surat kabar yang berkantor pusat di Jl Cipta Menanggal I nomor 35 Surabaya. Tafsir ini terbit tiap hari, kecuali Ahad. Kali ini Kiai Musta’in menafsiri Surat Al-Abiya: 26-27. Selamat mengikuti.

MALAIKAT, ANAK PEREMPUAN TUHAN?

AL-ANBIYA’:26-27

TAFSIR

Pada ayat sebelumnya ditutur beberapa anggapan kaum kafir tentang Allah SWT. Ada yang meyakini bahwa Tuhan itu tidak hanya Allah SWT saja, lainnya juga ada. Peyakin begini ini namanya musyrik. Mengimani ada Dewa ini dan Dewa itu sebagai Tuhan dilarang dalam Islam.

Sama dengan mereka adalah kaum yang meyakini, bahwa Tuhan itu punya anak. Seperti kaum Yahudi yang meyakini nabi Uzair A.S. adalah anak laki-laki Tuhan, sementara orang Nasrani meyakini bahwa Nabi Isa ibn Maryam A.S. juga anak lelaki Tuhan.

Pada ayat kaji ini terdapat sabab nuzul terkait keyakinan suku Khuza’ah, sebuah suku di Arab Saudi yang tergolong ortodok dan suka mistis. Mereka menyembah malaikat, karena malaikat dianggap anak perempuan Tuhan. “.. al-ladzin hum ibad al-Rahman inatsa”.

Lengkaplah sudah, Tuhan punya tiga anak. Dua anak laki-laki, yaitu Uzair dan Isa dan satu anak perempuan, yaitu malaikat. Dari anggapan-anggapan ini tersisa pertanyaan : Tiga anak itu dari satu ibu atau dari ibu yang berbeda? Atau dengan kata lain, Tuhan itu beristri satu atau punya tiga istri?

Jawabannya pasti punya tiga istri berbeda dan mereka tidak hidup dalam satu zaman, selang ratusan tahun. Itu artinya, Tuhan menjadi duda tiga kali, yaitu saat ditinggal mati istri pertama, yaitu ibunya Nabi Uzair, ditinggal mati istri kedua, yaitu bunda Maryam, ibunya Nabi Isa dan ditinggal mati istri ketiga, ibunya malaikat.

Pembaca HARIAN BANGSA tidak usah bertanya: ”mertua Tuhan..?”. Yang jelas, mereka beruntung karena punya menantu Tuhan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video