Mengintip Proses Produksi JAILS, Produk Unggulan Hasil Pembinaan Napi di Lapas Serang | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Mengintip Proses Produksi JAILS, Produk Unggulan Hasil Pembinaan Napi di Lapas Serang

Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Aulia Rahman
Rabu, 06 Desember 2023 19:59 WIB

Jails, produk unggulan hasil pembinaan narapidana di Lapas Serang.

SERANG, BANGSAONLINE.com - Lapas Kelas IIA memberikan pembinaan kepada WBP atau warga binaan pemasyarakatan di bidang program kemandirian. Hal itu dilakukan agar para WBP yang telah menjalani masa pidana, dan kembali ke masyarakat menjadi manusia yang berkualitas dan mandiri, hingga menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Di Lapas Kelas IIA terdapat berbagai program pembinaan kemandirian seperti pertukangan, pengelasan, perikanan, perkebunan, konveksi hingga pangkas rambut. Dari seluruh program itu, ada satu produk unggulan yang menjadi primadona Lapas Kelas IIA yang diberi nama Jahe Merah Instan Lapas (JAILS).

JAILS merupakan produk hasil kegiatan pembinaan WBP yang sudah diproduksi sejak 2015, dan berbahan pokok  merah dari perkebunan yang ada di Lapas Kelas IIA . Proses produksi yang diawali mulai dari penanaman hingga pengemasan, seluruhnya dilakukan oleh WBP Kelas IIA .

"Tahap pertama yakni Penanaman. Proses penanaman dimulai dengan pemilihan tunas merah yang berkualitas. Kemudian dipindahkan ke media tanam dalam bentuk polybag. Perawatan tanaman sendiri dilakukan selama 9-12 bulan," kata Kepala Lapas Kelas IIA , Fajar Nurcahyo.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video