Buka GPR Academy BPSDM Jatim Bootcamp 2023, Gubernur Khofifah Paparkan Peran Humas | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Buka GPR Academy BPSDM Jatim Bootcamp 2023, Gubernur Khofifah Paparkan Peran Humas

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Selasa, 05 Desember 2023 15:11 WIB

Gubernur Khofifah saat membuka GPR Academy BPSDM Jatim Bootcamp 2023.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur membuka Government Public Relations (GPR) Academy Bootcamp 2023 di Surabaya, Senin (4/12/2023). Saat memberi sambutan, ia menyampaikan peran Humas (hubungan masyarakat) tidak sekadar menjaga reputasi sebuah korporasi atau lembaga.

"Saya ingin menyampaikan bahwa humas tidak hanya menjaga reputasi. Tetapi humas bisa menjadi referensi dan kemudian direplikasi oleh yang lain," ucapnya.

Terkait fungsi humas menjaga reputasi, gubernur mengatakan kalau hal itu memang keharusan humas. Sementara menjadi referensi dimaknai bahwa tugas humas tidak berhenti hanya sampai menyampaikan informasi kepada publik tetapi mampu mendiseminasikan keberhasilan program-program agar bisa dijadikan referensi bagi yang lain selanjutnya bisa diikuti (replikasi).

"Saya termasuk yang sering mengingatkan kawan-kawan agar memiliki sensitivitas untuk bisa menyampaikan pesan-pesan strategis dan hasil-hasil yang mungkin bisa direplikasi oleh daerah-daerah lain," tuturnya.

Lebih lanjut, menerangkan peran humas selanjutnya adalah bagaimana berbagai keberhasilan yang diraih sebuah instansi, korporasi atau lembaga bisa kemudian direplikasi oleh yang lain. Menurut dia, peran humas akan menjadi berarti ketika pesan yang disampaikan kepada publik bisa menjadi rujukan dan kemudian direplikasi.

“Seperti halnya keberhasilan Jawa Timur di berbagai sektor diharapkan tidak sekedar tersampaikan informasinya oleh humas, tetapi juga dijadikan referensi bagi daerah lain,” ucapnya.

Selain itu, gubernur dengan tangan terbuka akan bersedia berbagi ilmu dan informasi ketika ada yang akan mereplikasi program-program yang berhasil dijalankan di Jawa Timur.

"Kalau saya cerita beberapa hal seperti ini kembali bahwa tugas kehumasan tidak sekedar menjaga reputasi tetapi juga menjadi referensi yang bisa direplikasi," katanya.

Baginya, capaian-capaian keberhasilan dari program yang dijalankan oleh instansi, lembaga maupun korporasi akan berdampak jika keberhasilan tersebut bisa dijadikan role model.

“Peranan humas tidak hanya pada layer penyampai informasi kepada publik. Humas justru harus bisa memberi dampak atau manfaat nyata ketika pesan yang disampaikannya mampu diterima, dijadikan rujukan dan diadopsi,” paparnya.

Di akhir Gubernur berharap di GPR Bootcamp 2023 ini tidak hanya forum bertemunya para humas pemerintah tetapi juga ada pertemuan pemikiran yang bermuara pada program-program yang membawa kemajuan bersama. Melalui pertemuan ini juga akan terbangun kolaborasi dan sinergitas dari berbagai pemikiran-pemikiran bersama.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video