Halaqoh Ijtihad Ulama NU Bahas Pandangan Sosial Politik Sambut Pemilu 2024 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Halaqoh Ijtihad Ulama NU Bahas Pandangan Sosial Politik Sambut Pemilu 2024

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Fuad
Senin, 04 Desember 2023 21:16 WIB

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - NU adalah organisasi suci yang tidak berpihak kepada partai politik apapun. Hal itu ditegaskan Anggota PBNU Ahmad Kholili Kholil dalam acara halaqoh (seminar) nasional ijtihad ulama NU menyikapi fenomena tahun politik yang diselenggarakan di , Bangil, Kabupaten Pasuruan, Senin (4/12/2023).

Dia menjelaskan bahwa 55 persen masyarakat Indonesia adalah warga NU. Oleh karena itu, tidak boleh NU dikooptasi oleh satu partai atau segelintir golongan.

Ia menegaskan bahwa NU merupakan organisasi keagamaan yang turut berperan menjaga ideologi negara dari paham radikalisme.

Gus Kholil, sapaan karibnya, lalu mengutip sejarah saat perumusan Pra Kemerdekaan Republik Indonesia, di mana terjadi perbedaan yang menimbulkan kelompok bagian timur hendak memisahkan diri dari Indonesia.

Itu dikarenakan mereka keberatan dengan tujuh kata perumusan , khususnya pada sila pertama yang awalnya berbunyi "Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syari'at Islam bagi para pemeluk-pemeluknya".

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video