Posmat TNI AL Tulungagung Tingkatkan Pengawasan Maritim dengan Rutin Patroli di Pesisir Selatan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Posmat TNI AL Tulungagung Tingkatkan Pengawasan Maritim dengan Rutin Patroli di Pesisir Selatan

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Feri Wahyudi
Kamis, 23 November 2023 21:51 WIB

Danposmat TNI AL Tulungagung, Letda Laut (P) Agung Utomo. Foto: FERI WAHYUDI/BANGSAONLINE

TULUNGAGUNG, BANGSAONLINE.com - Pos Pengamat (Posmat) terus melanjutkan upaya pengawasan di kawasan pesisir pantai selatan. Langkah ini dilakukan sebagai bagian dari dedikasi dalam menjaga keamanan, dan kedaulatan wilayah maritim.

Posmat yang berada di kompleks Pelabuhan Popoh menjadi pusat kegiatan pengawasan seluruh wilayah maritim di . Dilengkapi dengan personel terlatih dan perahu patroli, Posmat memiliki peran krusial dalam mendeteksi gangguan wilayah maritim yang tidak diinginkan.

Dalam wawancara dengan BANGSAONLINE.com, Komandan Pos Pengamat (Danposmat) , Letda Laut (P) Agung Utomo, menyoroti peran penting Posmat dalam menjaga keamanan wilayah tersebut.

"Posmat kami menjadi basis operasional yang sangat penting dalam menjalankan tugas pengawasan. Kami terus meningkatkan kewaspadaan di wilayah laut selatan untuk mengantisipasi berbagai potensi ancaman," ujarnya, Kamis (23/11/2023).

Posmat tidak hanya melakukan pengawasan ketat untuk mencegah masuknya kapal asing ke wilayah perairan , tetapi juga aktif melaksanakan patroli laut rutin dengan 4 anggota yang ditugaskan. Mereka menjalankan tugas operasi dan membagi wilayah tugas dari pesisir timur hingga pesisir barat .

"Wilayah sasaran patroli disepanjang kurang lebih 61.470 km dengan potensi wilayah pesisir antara lain pantai Molang, Dlodo, Sine, Ngelo, Gerangan, Brumbun, Popoh, Sidem, Klatak, Bayem, Gemah dan Pantai Nglarap," paparnya

Danposmat Tulungaung menegaskan komitmen pihaknya dalam mengantisipasi pelanggaran, gangguan keamanan, dan kebencanaan di kawasan pesisir pantai selatan. Dengan kerja sama erat dengan kepolisian, instansi terkait, dan masyarakat nelayan, Posmat siap merespons dan menanggulangi situasi darurat.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video