Kecewa Nepotis, Islah Bahrawi Tuding Jokowi Berperilaku seperti Khalifah | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kecewa Nepotis, Islah Bahrawi Tuding Jokowi Berperilaku seperti Khalifah

Editor: MMA
Sabtu, 18 November 2023 19:14 WIB

Islah Bahrawi. Foto: twitter/X

JAKARTA, BANGSAONLINE.com – Makin banyak para pendukung Presiden Joko Widodo yang kecewa. Mereka secara terang-terangan mengaku salah telah mendukung dan memilih sebagai presiden. Di antaranya intelektual NU Islah Bahrawi.

Direktur Eksekutif Jaringan Moderat yang juga Tenaga Ahli Mabes Polri itu menilai haus kekuasaan. Islah bahkan menuding berprilaku seperti Khalifah.

“Mengapa kemudian saya kecewa kepada ? Karena dia berprilaku seperti Khalifah,” tegas Islah Bahrawi dalam postingannya di Instagram yang mendapat komentar ribuan netizen.

Menurut dia, dalam sistem wewenang kepala negara berlaku seumur hidup dan kekuasaan hanya dibatasi oleh kematian. Sehingga Khalifah menjadi absolut, trajektori negara berada di ujung telunjuknya.

“Jadi jangan heran jjika dalam sejarah Khilafah banyak dihiasi brutalitas. Rasa tidak suka rakyatnya pada pemimpinnya, seringkali “diteriakkan” melalui pembunuhan agar terjadi “impeachment” paksa,” tulis Islah Bahrawi.

Kemudian demokrasi hadir. Membatasi masa jabatan pimpinan negara agar tidak terjadi “abuse of power”.

“Dalam demokrasi, suksesi kepemimpinan juga diatur dengan dasar meritokrasi, yakni mempertimbangkan kepatutan dan kemampuan. Bukan melalui jalur genetik atau me seperti halnya dalam kesejarahan atau Mamlakah (kerajaan),” katanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video