Pemkab Kudus Bandingkan Penyelenggaraan Administrasi Pemerintahan dan Kewilayahan dengan Kota Kediri | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pemkab Kudus Bandingkan Penyelenggaraan Administrasi Pemerintahan dan Kewilayahan dengan Kota Kediri

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Kamis, 16 November 2023 20:48 WIB

Pemkot Kediri saat menerima kunjungan kerja Pekab Kudus. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemkot menerima kunjungan kerja Pemkab , Rabu (15/11/2023). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka studi komparasi dalam penyelenggaraan administrasi pemerintahan dan kewilayahan kecamatan/kelurahan.

Agenda tersebut bertujuan untuk mengetahui atau menguji perbedaan, menemukan persamaan dari penyelenggaraan pemerintahan di wilayah Kota dengan Kabupaten . Kabag Pemerintahan Pemkot , Ade Trifianto, mengatakan bahwa pertemuan ini dilaksanakan untuk membahas sejumlah hal

Adapun beberapa hal yang dimaksud yakni, membandingkan pelaksanaan dalam hal penggunaan dana desa di wilayah Kabupaten dan Kota , untuk mengetahui penggunaan dana DBHCHT di Kota pada tingkat kecamatan dan kelurahan, serta untuk mengetahui terkait seperti apa pelimpahan kewenangan yang ada di Kota .

“Karena mereka sebelumnya mendengar kabar jika Prodamas Plus berhasil dilakukan di Kota , maka dari itu mereka ingin mempelajari sistem yang kita gunakan terkait penggunaan dana desa. Selain itu mereka ingin mengetahui penggunaan dana DBHCHT manfaatnya dirasakan sampai ke tingkat kecamatan dan kelurahan,” kata Ade.

Terkait pelimpahan wewenang, ia menjelaskan di Kota tidak memiliki Perwali khusus terkait pelimpahan kewenangan, dan jika ada maka itu ialah Perwali yang dibuat sebelum Undang-undang nomor 23 tahun 2014 terbit. Sehingga, membuat dasar hukum di Perwali sebelumnya sudah tidak relevan lagi.

"Sudah pernah kita diskusikan ke Pemerintah Pusat terkait pelimpahan kewenangan ini. Namun keputusan dari Pemerintah Pusat Kota dirasa tidak memerlukan pelimpahan kewenangan karena melihat wilayah Kota yang tidak besar hanya terbagi dari 3 Kecamatan dan 46 Kelurahan serta radius jangkauan juga tidak terlalu jauh," paparnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video