CEO BANGSAONLINE Dicegat Pramugari dan Petugas Imigrasi di Bandara Fuzhou, Laporan dari Tiongkok | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

CEO BANGSAONLINE Dicegat Pramugari dan Petugas Imigrasi di Bandara Fuzhou, Laporan dari Tiongkok

Editor: MMA
Rabu, 15 November 2023 14:50 WIB

Dari kiri: Mr Wong, Abdullah Aminuddin Aziz, M Mas'ud Adnan, Mohammad Ghofirin, Muhammad Fudholi Noer, dan Muhammad Abid Umar Faruq. Foto: BANGSAONLINE

FUZHOU-.com Empat Gus berkunjung ke Tiongkok. Mereka mendapat rekomendasi dari Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa yang bekerjasama dengan Konsulat Surabaya. Mereka berangkat ke negara Tiongkok dalam program bertajuk "Jalan Sutra Laut Surabaya-Tiongkok" pada 29 Oktober 2023 dan baru kembali ke tanah air pada 4 November 2023. Mereka adalah Muhammad Ghofirin (Sekjen OPOP), Abdullah Aminuddin Aziz (Warek Unhasy Tebuireng), Muhammad Abid Umar (aktivis Ansor) dan Muhammad Fudholi Noer (Wakil Ketua PCNU Palengaan Pamekasan). Banyak peristiwa menarik terkait aktivitas mereka di negara yang secara ekonomi disebut pesaing AS itu. Apa saja? Simak laporan CEO dan HARIAN BANGSA dari Tiongkok.

Roda pesawat XiamenAir menyentuh aspal Bandara Fuzhou Fujian Tiongkok. Saya melirik jam. Pukul 14.13. Waktu Tiongkok. Berarti di Indonesia, jam menunjukkan pukul 13.13 WIB. Waktu Tiongkok () selisih satu jam lebih cepat dari pada waktu Indonesia.

Saya bersiap-siap berdiri dari kursi pesawat. Begitu juga para Gus dan Mr Wong, perwakilan Konsulat di Surabaya. Para penumpang lain bahkan sudah banyak yang menurunkan tasnya dari kabin.

Tiba-tiba seorang pramugari berkulit putih menyeruak di antara penumpang. Ia menghampiri tempat duduk saya.

"Mr Adnan," demikian pramugari itu menyebut nama saya. Saya lihat tangan dia membawa catatan kecil. Mungkin nama saya.

Saya agak kaget. Pasti ada masalah imigrasi. Tapi kenapa hanya nama saya yang disebut. Bukankah kami rombongan? Apa karena saya wartawan? Tiongkok dikenal sangat ketat terhadap wartawan, terutama wartawan asing.

Tapi saya tak khawatir. Apalagi panik. Karena saya ke lewat jalur diplomatik, meski tak resmi atay formal. 

Meski demikian, teman-teman satu rombongan tetap ribut. Semua memusatkan perhatian pada saya. Beigtu juga beberapa penumpang.

Pramugari itu kami arahkan ke Mr Wong. Karena Mr Wong inilah yang mendampingi saya dan rombongan dari Surabaya.

Apa kata Mr Wong? “Ikut saja,” kata Mr Wong memberi saran agar saya ikut pramugari itu. “Saya dampingi,” tegas Mr Wong lagi.

Pramugari itu bersama petugas imigrasi. Ia kemudian menyerahkan saya kepada petugas imigrasi.

Kami belum tahu apa yang menyebabkan saya berurusan dengan imigrasi bandara Fuzhou .

"Pak Mas'ud bawa rokok ya," tanya Abdullah Aminuddin Aziz yang duduk berjejer dengan saya di pesawat.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video