Bawaslu Sidoarjo Jalin Sinergi Penanganan Tindak Pidana Pemilu | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Bawaslu Sidoarjo Jalin Sinergi Penanganan Tindak Pidana Pemilu

Editor: Sigit Endra
Wartawan: Mustain
Rabu, 15 November 2023 09:54 WIB

Rakor Teknis Penanganan Pelanggaran Tindak Pidana Pemilu yang digelar Bawaslu Sidoarjo. Foto: Mustain/BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) melakukan sejumlah upaya mengantisipasi kerawanan tindak pidana pemilihan umum pada .

Salah satunya dengan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Teknis Penanganan Pelanggaran Tindak Pidana Pemilu Bagi Panwaslu Kecamatan se- di Hotel Fave , Selasa (14/11/2023) sore.

Rakor ini diikuti anggota panwaslu kecamatan (panwascam) se-.

Ketua Bawaslu Agung Nugraha menjelaskan, rakor ini digelar karena bakal masuk tahapan kampanye. "Kalau kita bicara konstruksi tindak pidana pemilu itu sebetulnya lebih banyak pada fase kampanye, masa tenang maupun pungut hitung," cetus Agung.

Karena itu, kata Agung, pihaknya merasa perlu menyiapkan pola koordinasi antara jajarannya yang di bawah, yakni panwascam. Juga mencari pola sinergi dengan anggota PPK terkait penanganan pelanggaran tindak pidana pemilu. "Sekaligus koordinasi dengan teman-teman kepolisian," bebernya.

Terkait kerawanan tindak pidana pemilu di , Agung menyebut, jika mengacu pada sejumlah gejala yang mulai muncul di , salah satunya terkait netralitas.

Namun Agung mengaku bersyukur karena Badan Kepegawaian Daerah (BKD) sudah mulai proaktif dengan mengumpulkan sekretaris dinas (sekdis) dan sekretaris kecamatan (sekcam) di Kantor BKD , terkait sosialisasi netralitas ASN dalam . "Dan itu berkolaborasi dengan kami," tandasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video