Pimpin Upacara Hari Pahlawan, Gubernur Khofifah Tekankan Peran Penting Pahlawan Ekonomi Nasional | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pimpin Upacara Hari Pahlawan, Gubernur Khofifah Tekankan Peran Penting Pahlawan Ekonomi Nasional

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Jumat, 10 November 2023 18:28 WIB

Gubernur Khofifah saat menunjukkan foto pahlawan kepada para tamu undangan.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur memimpin Upacara Peringatan Tahun 2023 di , Surabaya, Jumat (10/11/2023). Agenda yang berlangsung khidmat dan meriah ini dihadiri keluarga sejumlah pahlawan nasional, serta diisi dengan berbagai pertunjukan, seperti tari kolosal dan pembacaan puisi untuk mengenang jasa para pahlawan.

Dalam kesempatan tersebut, mantan Menteri Sosial itu menekankan tentang peran penting Pahlawan Ekonomi Nasional. Tidak hanya itu, ia juga memaparkan 3 rumusan langkah untuk menjadi Pahlawan Ekonomi Nasional sesuai dengan relevansi saat ini atau di zaman 5.0.

"Kita telah lalui berbagai peristiwa bersejarah yang mengukir kejayaan bangsa ini, dan pada kesempatan yang berharga ini, saya ingin mengajak kita semua untuk merenung atas peran penting para Pahlawan Ekonomi Nasional," ujarnya di hadapan 1.255 tamu undangan, dan 453 pasukan.

Disebutkan, para pahlawan ekonomi adalah para pelopor, perintis, dan pionir dalam mengukir peradaban ekonomi bangsa ini. Para Pahlawan Ekonomi Nasional telah melalui perjuangan tak kenal lelah, mengatasi berbagai rintangan dan tantangan demi kemajuan ekonomi yang kita rasakan saat ini.

Dengan semangat juang dan keuletan yang luar biasa, mereka telah mencurahkan waktu, tenaga, dan pikiran untuk memajukan perekonomian negeri ini.

"Dengan kerja keras, kreativitas, dan inovasi, mereka telah mendorong pembangunan ekonomi berkelanjutan, menciptakan lapangan kerja, dan memberikan kontribusi signifikan bagi kesejahteraan masyarakat. Tanpa peran mereka, kemajuan ekonomi yang kita rasakan hari ini mungkin tidak akan terwujud dengan sebaik ini," tegasnya.

Dahulu pada awal-awal berdirinya Republik Indonesia dikatakan telah ada contoh teladan kepahlawanan ekonomi yang ditunjukkan oleh para pendahulu kita pendiri-pendiri republik.

Dari Sang Dwi Tunggal Sukarno-Hatta banyak memberikan contoh tentang kepahlawanan ekonomi. Dari Presiden kita Pertama Ir Sukarno kita belajar tentang pentingnya menegakkan kemandirian ekonomi bangsa, berdikari (berdiri diata kaki sendiri) secara ekonomi adalah tujuan dari kemerdekaan Indonesia.

Sementara dari Drs. Mochammad Hatta kita mendapatkan pencerahan tentang sistem ekonomi gotong-royong dan koperasi sebagai soko guru perekonomian Indonesia.

"Dari situ kita dapat memikirkan dan mengambil langkah yang jelas tentang segenap tindak kepahlawanan ekonomi bagi kebaikan kita bersama," imbuhnya.

Saat ini Indonesia menghadapi zaman baru, zaman yang berbeda dengan para pendiri republik, namun dalam zaman baru ini semangat kepahlawanan ekonomi dari pendahulu ditegaskannya harus tetap dicontoh dan dalami untuk kepahlawanan ekonomi nasional kedepan.

"Model kepahlawanan ekonomi pada era sekarang dapat ditegaskan dalam tiga rumusan langkah pikiran dan tindakan," tegasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video