Perbaikan Pipanisasi 4 Desa Terdampak Karhutla Gunung Bromo Rampung, Ribuan Warga Tersenyum Lega | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Perbaikan Pipanisasi 4 Desa Terdampak Karhutla Gunung Bromo Rampung, Ribuan Warga Tersenyum Lega

Editor: Sigit Endra
Wartawan: Devi Fitri
Selasa, 31 Oktober 2023 15:05 WIB

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) awal September lalu berdampak pada rusaknya pipa saluran air bersih di sejumlah desa Kecamatan Sangkapura, Kabupaten .

Saat ini, bantuan perbaikan pipanisasi yang ditekankan Gubernur Khofifah itu telah selesai seratus persen. Ribuan warga di 4 desa pun telah bisa menikmati lagi saluran air bersih dari sumber air yang sempat terkena imbas karhutla tersebut.

"Alhamdulillah, saat ini perbaikan pipa yang rusak terbakar saat terjadi kebakaran hutan di sudah selesai. Masyarakat di empat desa juga sudah bisa menikmati air bersih seperti dulu," ujar Gubernur Jatim Khofifah, Selasa (31/10/2023).

Berdasar assessment Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, sepanjang 11.600 meter kerusakan pipa terjadi di empat desa wilayah Kabupaten .

Jumlah itu meliputi, Desa Sapikerep sepanjang 3.400 meter, 5.100 meter di Desa Ngadas, Desa Ngadirejo 1.600 meter, dan Desa Wonokerto sepanjang 1.500 meter .

Dengan rampungnya perbaikan saluran air bersih ini, ribuan masyarakat terdampak di empat desa akhirnya tersenyum lega.

Sedikitnya, 2.240 Kepala Keluarga (KK) atau sekitar 6.472 jiwa yang tersebar di empat desa telah menerima manfaat dari perbaikan pipa saluran ini.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video