PT Cargill Indonesia Hadirkan Pakar Bahas Teknologi AI Bersama Media di Gresik | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

PT Cargill Indonesia Hadirkan Pakar Bahas Teknologi AI Bersama Media di Gresik

Editor: Siswanto
Wartawan: Syuhud
Rabu, 18 Oktober 2023 20:14 WIB

CEO Kapanlagi, Younivers Wenseslaus Manggut saat paparkan teknologi AI di dunia media saat ini. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE.com

GRESIK, BANGSAONLINE.com - PT Cargill Cocoa and Chocolate Gresik menggelar dialog terbatas tentang Teknologi Artificial Intelligence (AI).

Dialog yang dikemas dengan gathering bersama insan media di Kabupaten Gresik, digelar di Hotel Horison, Rabu (18/10/2023).

Kegiatan ini, merespon maraknya teknologi Artificial Intelligence (AI) alias kecerdasan buatan yang menimbulkan tantangan dalam berbagai aspek profesi.

Salah satunya, dalam dunia Jurnalisme. Untuk itu, perusahaan media massa mau tidak mau harus siap dengan disrupsi yang terjadi dalam tradisi kerja saat ini.

Sejumlah narasumber dihadirkan. Antara lain, Irfan Wahyudi, ahli kajian komunikasi dan masyarakat dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, dan CEO Kapanlagi Younivers Wenseslaus Manggut.

Irfan Wahyudi menyampaikan, praktik AI di dunia Jurnalisme ini sudah dimulai, seperti pembaca/pembawa berita, alias News Anchor.

Namun, lanjutnya, tidak serta merta peran manusia bisa diganti dengan AI, tetapi lebih pada pembagian peran yang setara.

"AI adalah mesin bahasa, bukan mesin kebenaran, faktor manusia masih sentral dalam industri media. Konkritnya AI tidak mungkin bisa turun ke lapangan melakukan reportase dan memverifikasi peristiwa yang belum terekam di dunia digital," terang Irfan dalam paparannya secara virtual dari Belanda.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video