Bimo Krido Lakon Wayangan HUT ke-78 TNI di Kodim Kediri | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Bimo Krido Lakon Wayangan HUT ke-78 TNI di Kodim Kediri

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Muji Harjita
Sabtu, 07 Oktober 2023 13:25 WIB

Dandim 0809 Kediri Letkol Inf. Arif Setiawan saat menyerahkan tokoh Bima kepada Ki Dalang Disik Wibisono sebelum pertujukan dimulai. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE.com

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Memperingati tahun 2023, Kodim 0809/Kediri menggelar pertunjukan semalam suntuk dengan Dalang Ki Didik Wibisono, di lapangan kodim setempat, Jumat (6/09/2023) malam.

Sebelum gelaran wayang dimulai, terlebih dulu hadirin diajak untuk mengikuti arahan Panglima TNI Laksamana Yudho Margono yang disiarkan langsung secara virtual.

Pergelaran wayang sendiri dilakukan secara serentak di 78 titik di seluruh Indonesia, termasuk di Amerika Serikat, Suriname, dan Malaysia.

Pergelaran wayang serentak tersebut mengambil lakon yang sama, yaitu . Setelah prosesi dari Mabes TNI selesai, dilanjutkan dengan penyerahan tokoh wayang Bima atau Bimoseno dari Dandim 0809 Kediri, Letkol Inf. Arif Setiawan kepada Ki Didik Wibisono.

Setelah mendapatkan tokoh Bima tersebut, pertujukan wayang pun dimulai. Ki Didik Wibisono terlihat sangat piawai memainkan wayang.

Pertunjukan wayang itu sebenarnya tidak hanya sekadar hiburan, tapi ada edukasi dan tuntutan dari setiap lakon atau cerita yang dibawakan sang dalang. Termasuk lakon '' itu. Ada pesan moral mendalam dari sang tokoh Bima atau .

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video