Monumen di Surabaya yang Wajib Dikunjungi Wisatawan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Monumen di Surabaya yang Wajib Dikunjungi Wisatawan

Editor: Arief
Jumat, 06 Oktober 2023 14:00 WIB

Monumen Jalesveva Jayamahe. Foto: Ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebagai kota megalopolis terkemuka kedua di Indonesia, Surabaya juga meraih predikat istimewa sebagai , sebutan yang muncul dari semangat heroik warganya dalam menentang penjajah, sebuah babak sejarah yang dikenal sebagai pertempuran Surabaya.

Kota Surabaya melimpah dengan peninggalan bersejarah, termasuklah monumen. Kehadiran banyak monumen kuno ini tidak hanya menjadi saksi bisu masa lalu, melainkan destinasi wisata yang memikat ketika kamu menjelajah Surabaya.

Nah, buatmu yang ingin mengenal lebih dekat, yuk kita simak apa saja sih monumen-monumen bersejarah yang ada di Kota Surabaya. Inilah deretan destinasi yang bisa kamu kunjungi!

Monumen Bambu Runcing

Sebagai manifestasi , bambu runcing menjadi ikon unik Surabaya. Monumen Bambu Runcing dibangun untuk memperingati momen epik pada 10 November 1945, di mana masyarakat Surabaya dengan gagah berani menghadapi penjajah hanya dengan senjata bambu runcing.

Monumen ini adalah bentuk penghargaan kepada 60.000 arek-arek Surabaya yang berjuang dan gugur dalam pertempuran tersebut. Berbentuk lima batang bambu runcing dengan ketinggian yang bervariasi, Monumen Bambu Runcing dikelilingi oleh air mancur dan taman bunga yang memikat. Pada malam hari, cahaya lampu warna-warni memancarkan pesona tersendiri. Alamatnya? Jalan Panglima Sudirman, Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya.

Monumen Tugu Pahlawan di Surabaya

Merupakan salah satu ikon bersejarah di Kota Surabaya, Monumen Tugu Pahlawan menghiasi Jalan Pahlawan, Alun-Alun Contong, Bubutan. Dibangun pada tahun 1951 dan diresmikan pada 10 November 1952, monumen ini mengabadikan jasa para pahlawan yang gigih melawan penjajah dalam pertempuran 10 November 1945.

Bentuknya mirip dengan lingga atau paku terbaik, dengan sepuluh lengkungan dan sebelas ruas, menjulang setinggi 41,5 meter. Monumen ini berdiri di atas lahan seluas 1,3 hektar, menciptakan beragam spot foto yang menarik. Selain Tugu Pahlawan, di sini juga ada patung Soekarno-Hatta dan Museum Sepuluh Nopember Surabaya yang menyajikan koleksi bersejarah. Akses ke museum? Melalui pintu bawah tanah dengan kedalaman 7 meter. Jam buka kawasan Monumen Tugu Pahlawan dari pukul 8 pagi hingga 3 sore setiap hari.

Monumen Jalesveva Jayamahe

Berlokasi tidak jauh dari Pelabuhan Tanjung Perak, Monumen Jalesveva Jayamahe di Koarmatim TNI AL mengandung makna mendalam, "Di Laut Kita Berjaya". Didisain oleh seniman terkenal I Nyoman Nuarta, yang juga menciptakan Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali, monumen ini hadir dalam dua bagian: patung setinggi 31 meter dan museum setinggi 29 meter. Total ketinggian mencapai 60 meter. Di pelatarannya, kamu akan menemukan gong besar bernama Kia Tentrem dengan diameter 6 meter, karya seniman Sutarjo dari Yogyakarta.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video