Jambore Pramuka Jatim 2023, Gubernur Khofifah Minta Peserta Bangun Optimisme Raih Cita-cita | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Jambore Pramuka Jatim 2023, Gubernur Khofifah Minta Peserta Bangun Optimisme Raih Cita-cita

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Selasa, 03 Oktober 2023 14:28 WIB

Gubernur Khofifah saat membuka Jambore Pramuka Jatim 2023 di Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Gubernur selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Kwartir Daerah Jatim membuka secara langsung Jambore Daerah Provinsi Jatim Tahun 2023 di Bumi Perkemahan Ngawun Abilowo, Parengan, , Senin (2/10/2023) malam.

Dalam kegiatan yang berlangsung pada 2-7 Oktober 2023 itu, gubernur didampingi anggota Komisi E DPRD Jatim, Bupati , Sekdaprov Jatim, dan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Jatim dengan menyalakan api unggun dengan menyulut mini calderon sebagai tanda api semangat Gerakan

Dilanjutkan penyematan Tanda Peserta Jambore Jatim 2023 kepada perwakilan peserta oleh Gubernur . Pembukaan Jambore ini begitu meriah dengan berbagai atraksi yg dilakukan oleh para anggota salah satunya, Parade Semaphore oleh 100 Anggota Penggalang. 

Selain itu, juga ada hiburan oleh Cak Percil dan Grup Musik Guyon Waton, serta pesta kembang api. Jambore yang bertema 'Produktif' yaitu Patriotik, Religius, Edukatif, dan Inovatif ini diikuti 1.900 peserta dari 38 Kwartir Cabang se-Jawa Timur. 

Mereka terdiri dari Penggalang, Penggalang Berkebutuhan Khusus (PBK), Pimpinan Kontingen, Pembina Pendamping, dan Pembina Pendamping PBK. Tidak hanya itu, ribuan masyarakat sekitar turut menyaksikan acara pembukaan ini.

Dalam sambutannya, mengatakan bahwa para peserta Penggalang yang berusia 13-15 tahun merupakan generasi yang akan menjadi generasi emas saat Indonesia emas 2045. Untuk itu, ia berpesan terus memupuk semangat, optimisme dan cita-cita dalam meraih masa depan dalam upaya mewujudkan Indonesia Emas 2045.

"Pertemuan jambore ini bukan hanya pertemuan fisik, tapi juga pertemuan pikiran dan gerakan. Terutama pertemuan kebangsaan antara para penggalang yang sebagian besar berumur 13 - 15 tahun. Dan bahwa penerus bangsa yang berkumpul dalam jambore ini akan menjadi generasi emas dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045," paparnya.

Gubernur kemudian mencontohkan banyak orang yang sukses dan menjadi pemimpin di usia muda. Salah satunya Bupati Aditya Halindra Faridzky yang menjadi Bupati di umur 29 tahun.

"Berarti yang sekarang mengikuti jambore ini umurnya 15 tahun, insyaAllah 14 tahun yang akan datang akan banyak yang menjadi bupati," tuturnya.

Tidak hanya itu, juga mengatakan bahwa saat berumur 27 tahun, ia sudah menjadi anggota DPR RI sekaligus pimpinan fraksi dan selanjutnya juga pimpinan komisi.

"Itu artinya yang saat ini umur 15 tahun, insyaAllah 12 tahun lagi adik-adik penggalang yang hari ini ikut jambore juga akan duduk di kursi legislatif. Baik DPRD Tingkat I, II maupun DPR RI," ujarnya.

"Tahun 2045 adalah bagian dari kesuksesan para penggalang semua. Maka sekarang buat catatan bila umur saya 15 atau 13 tahun, maka saat masuk SMA, kuliah dan seterusnya cita-cita apa yang ingin diraih harus disiapkan dengan kerja keras dan sungguh sungguh," imbuhnya.

Untuk itu, gubernur memberikan motivasi kepada para pramuka penggalang untuk tidak mudah menyerah dan terus bekerja keras meraih cita-cita. Serta menjauhkan diri dari bahaya narkoba dan pergaulan bebas yang bisa merusak masa depan.

"Jauhi narkoba, sekali lagi jauhi narkoba. Jangan berpikir pacaran dulu, belajarlah yang giat dan rajin. Dan yang penting hormati dan taat kepada kedua orang tua dan juga guru. Hormat dan taat kepada kedua orang tua ini adalah kunci kalau adik-adik ingin sukses," ucapnya.

"Kakak doakan, yang saat ini di bumi perkemahan ini, bila menjadi TNI maka tahun 2045 Insya Allah sudah ada yang kolonel, yang menjadi Polisi tahun 2045 Insya Allah sudah ada yang Kombes. Yang menjadi dosen sudah profesor. Mudah-mudahan Allah mudahkan adik-adik bisa sekolah setinggi-tingginya ilmunya manfaat barokah," doanya disambut amin peserta Jambore.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video