Gubernur Khofifah Sebut Kontribusi Gontor Sangat Besar dalam Membangun Peradaban Kemanusiaan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gubernur Khofifah Sebut Kontribusi Gontor Sangat Besar dalam Membangun Peradaban Kemanusiaan

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Kamis, 28 September 2023 19:22 WIB

Gubernur Khofifah saat menghadiri Peringatan 100 Tahun Pondok Modern Darussalam Gontor.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Gubernur mengatakan bahwa perjalanan Pondok selama satu abad ini telah memberikan kontribusi besar bagi kehidupan masyarakat bangsa negara dan dunia.

Ia mengkungkapkan hal tersebut ketika menghadiri Peringatan 100 Tahun (1 Abad) Pondok Modern Darussalam , Kamis (28/9/2023). Kegiatan ini berlangsung di Pondok Modern Darussalam Putri Kampus 1, .

menyatakan, pendidikan yang dikembangkan Pondok terus memberikan dampak pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Bahkan, pendidikan di menjadi bagian penting dalam membangun peradaban umat dan kemanusiaan.

Untuk itu, gubernur berpesan secara khusus agar pendidikan ke depan yang dilaksanakan di Pondok harus berseiring dengan format memanusiakan manusia, serta menjaga harkat dan martabat manusia seutuhnya.

“Inilah yang menjadi salah satu tantangan bagaimana peradaban kemanusiaan itu harus dibentengi oleh seluruh elemen strategis terutama yang berbasis pesantren,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ia menyampaikan betapa pentingnya peran seluruh lini termasuk di dalam Pondok dalam memberikan warna pada peradaban Islam yang berseiring dengan digital IT.

Sejauh ini, Gubernur juga telah melakukan upaya penguatan SDM Jatim dengan penguatan berbasis pesantren. Salah satu wujudnya adalah berjalannya pemberian beasiswa Pemprov Jatim bagi mahasiswa Jatim ke kampus Al Azhar Mesir yang sudah berlangsung selama tiga tahun.

“Insya Allah dua tahun lagi, paling tidak Jatim punya 80 doktor yang berbasis pondok pesantren dari beasiswa Pemprov Jatim. Dan ini juga bagian dari upaya kami utamanya bagi para guru-guru diniyah serta para pengelola pesantren memiliki basis keilmuan dan manajerial skill yang memungkinkan bisa memberikan referensi seluruh kekuatan yang ada tidak hanya di Jatim. Saya berharap, jejak misalnya bisa menyemai keilmuan di seribu pesantren lainnya di Indonesia ini bisa diikuti lembaga lain,” jelasnya.

Gubernur menambahkan, ini akan menjadi center of excellent bagi pesantren-pesantren dengan modernisasi kurikulum untuk bisa menyemai kepesantrenan dalam berbagai keilmuan di berbagai pesantren lain di seluruh Indonesia.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video