PLD Sidoarjo Gelar Jelajah Dusun dan Dunia, Ajarkan Beberapa Hal ke Anak-anak | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

PLD Sidoarjo Gelar Jelajah Dusun dan Dunia, Ajarkan Beberapa Hal ke Anak-anak

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Mustain
Senin, 25 September 2023 20:13 WIB

Anak-anak saat mengikutiJelajah Dusun dan Dunia di Desa Bulang, Kecamatan Prambon, Sidoarjo. Foto: Ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemuda Lintas Dusun (PLD) menggelar acara bertajuk 'Jelajah Dusun dan Jelajah Dunia', Minggu (24/9/2023). Acara tersebut digelar di Dusun Pohjejer, Desa Bulang, Kecamatan Prambon.

Acara yang digelar bekerja sama dengan Fasilitator Prambon AKSI Gemilang ini diikuti sejumlah anak-anak warga desa setempat. Dalam acara Jelajah Dusun dan Jelajah Dunia ini, anak-anak mengikuti sejumlah kegiatan.

Mulai dari senam sehat, belajar membuat kelompok jelajah wahana dan menentukan wahana yang dikunjungi. Wahana yang disediakan berupa Kids Farming dan Fun Animals.

Koordinator acara Jelajah Dusun dan Jelajah Dunia, Shovya Sasta Amelya mengatakan, menggapai generasi yang cinta terhadap alam harus dimulai sejak dini. Dimulai dari anak-anak lalu pemuda sebagai fasilitator bisa memberi support pengetahuan dan ketrampilan.

"Tidak hanya itu, bahwa bermain saat belajar harus dimulai badan yang sehat maka kami membiasakan acara selalu diawali senam sehat ceria," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Senin (25/9/2023).

Amelya menegaskan, acara yang digelarnya, membuat anak-anak paham untuk saling berbagi dan membantu sesama. Dan sebagai konsep belajar pihaknya menerapkan bermain teamwork, shared leadership, membangun imajinasi dan aktif dalam mengambil peran.

Ia menambahkan, baginya, pemuda hebat itu mereka tidak sekadar untuk kepuasan kehidupan secara pribadi namun perlu kembali menjadi manusia sosial, edukasi dan bisa bermasyarakat ke depannya.

"Tantangan pemuda saat ini hanyalah sederhana, bagaimana mereka bisa keluar dari zona nyamannya. Kita harus mempunya semangat yang sama agar berani kreatif dan inovatif mengambil aksi berfaedah untuk lingkungan masyarakat. Kunci mujarabnya ya pada motivasi diri dan dibantu dengan pembinaan yang berkelanjutan," jlentrehnya.

Eriq, mahasiswa Unesa jurusan Bisnis Digital mengatakan, kegiatan Jelajah Dusun dan Jendela Dunia ala PLD dapat mengasah kemampuan berkomunikasi, membangun kepercayaan diri serta memperluas jajaring persahabatan.

Dia berharap kegiatan semacam ini terus ada perkembangan dan dapat dijadikan sebuah motivasi untuk kalangan anak muda. "Kami bersama Duta Saga Genre Mojokerto berharap tertular bisa meduplikasi kegiatan ini untuk dipersambahkan seluruh anak Indonesia," tegas Eriq.

Salah satu peserta acara, Mochamad Basuki, mengatakan, ia dan keluarganya baru kali pertama mengikuti kegiatan PLD dan dibuat

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video