Jenis Saham, Pengertian IHSG, Fungsi IHSG dan Faktor yang Mempengaruhi IHSG | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Jenis Saham, Pengertian IHSG, Fungsi IHSG dan Faktor yang Mempengaruhi IHSG

Editor: Redaksi
Minggu, 17 September 2023 13:38 WIB

Ilustrasi.

BANGSAONLINE.com - Saham merupakan tanda kepemilikan atas perusahaan yang menjadi instrumen investasi. Artinya, untuk memiliki suatu perusahaan, anda tidak perlu ikut mendirikan perusahaan tersebut, tetapi cukup membeli perusahaan tersebut.

Adapun fungsi dari tersebut adalah untuk menambah aset (kekayaan) di masa depan lantaran pada umumnya yang namanya perusahaan akan terus berkembang, sehingga membuat nilai nya juga meningkat. Berikut ulasan Berita IHSG hari ini.

Jenis Saham Berdasarkan Kinerja Perdagangan

Jenis-jenis berdasarkan kinerja perdagangan terbagi menjadi 5, antara lain:

  • -Blue Chip Stocks

Blue Chip Stocks merupakan jenis yang dikeluarkan oleh perusahaan yang bonafit bereputasi tinggi. Pada umumnya perusahaan yang mengeluarkan jenis ini merupakan petinggi di industri tersebut dan memiliki penghasilan yang stabil dan konsisten dalam membayar bagi hasil. Sehingga tidak heran kalau yang satu ini banyak dicari investor.

  • -Income Stocks

Bisa dibilang Income Stocks ini merupakan unggulan yang selalu membayar laba lebih besar dari rata-rata dividen yang dibayarkan pada periode sebelumnya.

  • -Growth Stocks

Growth Stocks merupakan dengan pertumbuhan pemasukan perusahaan yang cukup tinggi, meskipun perusahaan tersebut bukan termasuk perusahan petinggi di industri tersebut.

Jenis yang satu ini terdiri dari dua, yakni Well-Known dan Lesser-Known. Well-Known adalah growth stock yang berasal dari perusahaan petinggi pada suatu industri. Sedangkan Lesser-Known merupakan growth stock yang berasal dari perusahaan yang tidak begitu terkenal.

  • -Speculative Stocks

Speculative Stocks merupakan jenis yang bisa memberikan keuntungan tinggi namun tidak bisa memberikan laba secara konsisten. Saham yang satu ini sangat cocok bagi investor dengan profil risiko high risk.

  • -Counter Cyclical Stocks

Saham jenis ini memiliki kondisi paling stabil disaat kondisi ekonomi bergejolak sekalipun. Pasalnya, ini tidak terpengaruh dengan kondisi ekonomi dan bisnis. Keuntungan yang didapatkan pada ini sangat tergantung pada perusahaan yang mengeluarkannya.

Pengertian IHSG

Di dalam dunia peran sering dikenal istilah IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan). Lantas, apa pengertian IHSG? Berikut penjelasannya.

  • 1. Anoraga dan Pakarti (2001)

IHSG merupakan indeks yang menunjukkan pergerakan harga sama secara umum yang tercatat di bursa efek yang menjadi acuan tentang perkembangan kegiatan di pasar modal.

  • 2. Sunariyah (2011)

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video