Pencairan Tunggakan Jamkesmas, Meleset dari Waktu | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pencairan Tunggakan Jamkesmas, Meleset dari Waktu

Editor: rosihan c anwar
Wartawan: rohmatun nisa alseena kapoor
Rabu, 09 April 2014 22:57 WIB

SURABAYA (bangsaonline)-Pencairan tunggakan (jaminan kesehatan masyarakat) 2013 sekitar Rp 200 miliar oleh pemerintah pusat ke rumah sakit daerah di Jatim akhirnya meleset. Seharusnya dijadwalkan Maret lalu, namun hingga memasuki bulan April ini, tak ada tanda cair.

Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Jatim dr Dodo Anondo MPH mengakui hingga kini belum ada pencairan anggaran dari pemerintah pusar dalam hal ini kementerian kesehatan. Padahal sesuai dengan kesepakatan, kemenkes akan mencairkan tunggakan ke rumah sakit baik di Jatim pada Maret lalu.
“Kami belum tahu kapan tunggakan tahun 2013 lalu itu bisa dicairkan. Hingga sekarang ini belum ada surat pemberitahuan dari kemenkes soal tersebut,” tegas dr Dodo Anondo, Selasa (9/4/2014)

.
‘”Yang mengadu saat ini baru 3 rumah sakit kecil yang ada di daerah. Mereka benar-benar membutuhkan anggaran itu segera cair untuk biaya operasional,” kata Dodo yang juga sebagai direktur RSU dr Soetomo.

Khusus untuk RSU dr Soetomo, pihaknya melakukan subsidi silang dan didukung dengan keuangan yang cukup stabil. Maka hingga kini meski belum cair, pihaknya masih bisa beroperasi dengan baik. Hanya saja, jika sampai Juni dan Juli belum turun,. Maka dampaknya akan mulai terasa.

Seperti pihaknya akan mengalami kesulitan membeli obat. “Tentu saja pabrikan obat tak mau diutangi lagi, jika kami tak segera membayar pembelian obat terdahulu. Makanya, anggaran itu sendiri memang direncanakan untuk membeli obat,” katanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video