Wali Kota Serahkan Sertifikat Cagar Budaya SMAN 1 Kediri | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Wali Kota Serahkan Sertifikat Cagar Budaya SMAN 1 Kediri

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Minggu, 10 September 2023 13:17 WIB

Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, saat menyerahkan sertifikat cagar budaya kepada Kepala SMAN 1 Kediri, Widayat. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali Abdullah Abu Bakar menyerahkan sertifikat cagar budaya kepada Widayat, Kepala SMAN 1 Kediri, Sabtu (9/9/2023). Dalam sertifikat itu disebutkan, gedung SMAN 1 Kediri ditetapkan menjadi salah satu cagar budaya.

Penyerahan sertifikat itu dilakukan bertepatan dengan HUT ke-77 SMAN 1 Kediri.

"Alhamdulillah, bangga sekali bangunan ini bisa menjadi cagar budaya. Tepat di momen Dies Natalis ini saya mengesahkan SK sekolah ini menjadi cagar budaya. Bangunan yang depan bisa dipertahankan dan untuk pengembangan bisa dilakukan pada bangunan baru yang ada di belakang," kata pimpinan daerah yang akrab disapa Mas Abu itu.

Menurut dia, gedung sekolah tersebut menyimpan nilai penting sejarah pendidikan dan perjuangan di zaman penjajahan Belanda. Pada masa itu, menjadi pusat pemerintahan karesidenan dan juga gemeente (istilah ilmu tata negara).

Sehingga, banyak masyarakat Eropa (terutama Belanda) yang tinggal di kawasan gedung SMAN 1 Kediri. Lalu, gedung ini dibangun menjadi sekolah lanjutan atau meer uitgebreid lager onderwijs (MULO) dan hanya untuk sekolah kawasan tertentu.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video