Umumkan Nama Stadion, Dhito Berharap Sejarah Kemenangan Sepak Bola Kediri Terulang | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Umumkan Nama Stadion, Dhito Berharap Sejarah Kemenangan Sepak Bola Kediri Terulang

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Jumat, 08 September 2023 20:44 WIB

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat mengumumkan Gelora Daha Jayati sebagai nama stadion baru. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Nama stadion baru Kabupaten yang telah disayembarakan oleh Bupati Hanindhito Hinawan Himawan Pramana, akhirnya diumumkan kepada publik. Namanya adalah .

Nama stadion yang dibangun di Desa Bulusari, Kecamatan Tarokan, itu diumumkan bupati lewat akun media sosial instragram pribadinya @dhitopramono pada Jumat (8/9/2023).

Sejak diumumkan pada akhir Mei 2023 hingga penutupan sayembara pada 1 Juli, terdapat hampir 14.000 usulan nama yang masuk.

"Tentunya ini memerlukan waktu bagi kami memfilter, menelaah filosofi, dan kira-kira nama apa yang terbaik bagi stadion Kabupaten ," katanya.

Sebagaimana syarat dan ketentuan sayembara, hasil lomba menjadi hak milik Pemkab , serta penggunaan nama stadion menjadi keputusan Pemkab .

Belasan ribu usulan nama itu kemudian diseleksi secara bertahap oleh dewan juri untuk mendapatkan nama terbaik hingga mengerucut kepada satu nama.

"Stadion Kabupaten akan kita beri nama ," ungkap Dhito, sapaan Bupati .

Gelora menurutnya merupakan wujud gelombang rakyat. Di mana stadion tidak hanya sebagai tempat olahraga, melainkan juga dapat dijadikan lokasi penyelenggaraan kegiatan event.

Daha, kata yang berasal dari bahasa Jawa Kuno yang memiliki makna api, kemerahan, menyala. Sebagaimana dituliskan dalam kitab Bharatayuda yang digubah pada masa Jayabaya, Daha juga dikenal sebagai nama kerajaan penting di Jawa.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video