Jaga Ketahanan Pangan, Kapolres Ngawi bersama Warga Gelar Gropyokan Tikus | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Jaga Ketahanan Pangan, Kapolres Ngawi bersama Warga Gelar Gropyokan Tikus

Editor: Siswanto
Wartawan: Zainal Abidin
Minggu, 03 September 2023 18:30 WIB

Kapolres Ngawi saat memimpin gropyok tikus di area sawah.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Kapolres Ngawi, AKBP. bersama , AKP Agus Andi, bersama pejabat utama dan Bhabinkamtibmas serta warga , melakukan gropyokan tikus bersama para petani di area persawahan, Minggu (3/9/2023).

Selain itu, mereka juga mensosialisasikan kepada para petani dalam pengendalian hama tikus dengan menggunakan cara yang aman dan tidak memakai jebakan beraliran listrik.

"Kami lakukan pengendalian hama tikus di area sawah bersama para petani dengan cara gropyok tikus, demi amannya tanaman padi di sawah dari gangguan tikus," jelas Kapolres Ngawi.

Ia juga mengatakan, pihaknya akan mengoptimalkan Bhayangkara Pendamping Penjagaan Pertanian Ramah Lingkungan (Bhatarling) dalam ketahanan dan keamanan pangan, agar tetap terjaga.

Dengan bhatarling yang merupakan garda terdepan dalam mensosialisasikan penanganan hama tikus yang aman.

"Tarling lebih dioptimalkan kembali agar swasembada, kemandirian dan ketahanan serta keamanan pangan lebih meningkat," tegasnya.

Selain menyarankan menggunakan pupuk organik, gropyokan hama tikus bertujuan untuk meningkatkan swasembada pangan, kemandirian pangan, ketahanan pangan dan keamanan pangan.

Argo juga mengingatkan, bahwa jebakan tikus yang dipasang menggunakan aliran listrik di sawah, dapat membahayakan orang lain, sehingga gropyokan atau menangkap bersama-sama pada sarangnya adalah cara efektif untuk menangkap tikus.

"Ya, benar saat ini para petani sudah mulai tanam padi kembali, dan kami mengingatkan lagi agar tidak ada petani yang pasang jebakan tikus pakai aliran listrik, sebab itu berbahaya. Gropyok tikus pada sarangnya di sawah cukup efektif, terbukti ratusan tikus yang berhasil ditangkap," terangnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video