9 Kantor Imigrasi di Jatim Permudah Pembuatan Paspor bagi Pekerja Migran Indonesia | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

9 Kantor Imigrasi di Jatim Permudah Pembuatan Paspor bagi Pekerja Migran Indonesia

Editor: Siswanto
Wartawan: Catur Andi Erlambang
Kamis, 31 Agustus 2023 19:15 WIB

Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jatim, Hendro Tri Prasetyo. Foto: Humas Kemenkumham Jatim.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - memberikan kemudahan prosedur permohonan paspor bagi warga negara Indonesia yang ingin ke luar negeri, sebagai pekerja migran Indonesia (PMI).

Untuk mengajukan permohonan paspor tersebut, PMI tidak perlu memerlukan rekomendasi dari kementerian dan lembaga terkait.

"Hal ini sebagai tindak lanjut Surat Edaran Direktur Jenderal Imigrasi nomor IMI-GR.01.01-0252 yang menegaskan prosedur permohonan pembuatan paspor tarif nol rupiah bagi warga negara Indonesia yang ingin ke luar negeri sebagai pekerja migran Indonesia," ujar Kadiv Keimigrasian, Hendro Tri Prasetyo, Kamis (31/ 8/2023).

Ia mengatakan, langkah yang ditempuh oleh ini, untuk mempermudah para PMI yang bekerja di luar negeri melalui jalur legal. Di Jatin, terdapat 9 kantor imigrasi yang siap melayani penerbitan paspor.

“Sesuai arah Dirjen Imigrasi Bapak Silmy Karim, kami wajib mempermudah persyaratan dalam mendapatkan paspor agar masyarakat yang ingin menjadi pekerja migran tidak mencari cara-cara lain sehingga menjadi ilegal," jelasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: Humas Kemenkumham Jatim

 

sumber : Humas Kemenkumham Jatim

Berita Terkait

Bangsaonline Video