MK Bolehkan Kampanye di Kampus, Pengamat Politik Unair: Peluang Membangun Politik Dinamis | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

MK Bolehkan Kampanye di Kampus, Pengamat Politik Unair: Peluang Membangun Politik Dinamis

Editor: Novandryo
Rabu, 30 Agustus 2023 05:25 WIB

Ilustrasi Pemilihan Umum (Foto:Ist)

SURABAYA,BANGSAONLINE.com - Putusan Makhkamah Konsitusi () yang membolehkan kampanye politik di lingkungan tengah menjadi sorotan.

Terlebih menjadi sumber intelektual di mana akademisi dan mahasiswa dapat menguji dinamika kontestasi politik.

Namun, beberapa pihak juga menyayangkan kampanye di lingkungan terkait netralitas institusi pendidikan.

Universitas Airlangga () Irfa'i Afham menanggapi Amar Putusan tersebut.

Irfa'i melihat masuknya politik ke merupakan bentuk nyata dinamika politik yang tidak terelakkan.

"Saya sepakat dengan kehidupan politik yang dinamis di lingkungan karena di menjadi tempat lahirnya ide-ide politik besar dan alternatif dalam konteks berbangsa dan bernegara,"kata Irfa'i, di Surabaya, Selasa(29/8/2023).

Politik di tidak pernah terlepas dari sejarah yang ada di Indonesia. Menurutnya, periode otoritarian yang membawa dampak partisipasi politik di .

"Kita mengalami 32 tahun era otoritarian di bawah pemerintahan Soeharto. Dampaknya adalah pasifnya keterlibatan politik di . Mahasiswa dan dosen yang berpendapat kritis sering dianggap sebagai ancaman, bukan sebagai potensi untuk mengembangkan ide-ide besar dalam politik," tuturnya.

Meski adalah tempat mahasiswa belajar berpolitik, mahasiswa harus menjaga batasan agar tak masuk ke dalam politik praktis.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video