Usung Seni Budaya Pertanian dan Perikanan, Pemdes Sembunganyar Gresik Gelar Karnaval 17 Agustus | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Usung Seni Budaya Pertanian dan Perikanan, Pemdes Sembunganyar Gresik Gelar Karnaval 17 Agustus

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Syuhud Almanfaluty
Sabtu, 26 Agustus 2023 15:25 WIB

Kades Sembunganyar, Kc. Dukun, Abdul Khobir dengan mengenakan kostum tentara dengan latarbelakang kreasi perahu saat ikuti karnaval. FOTO: SYUHUD/BANGSAONLINE.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemerintahan Desa (Pemdes) Sembunganyar, Kecamatan Dukun, , menggelar karnaval untuk memperingati HUT ke-78 Republik Indonesia (RI), Jumat (25/8/2023).

Karnaval dengan mengambil start depan Balai Desa Sembunganyar dengan finish Kantor Kecamatan Dukun, dengan melibatkan ribuan warga, dilepas langsung oleh , Gunawan Purna Atmaja.

Untuk karnaval tahun ini mengangkat tema 'Seni Budaya Pertanian dan Perikanan'. Karnaval mendapatkan respon besar dari masyarakat, baik dari Desa Sembunganyar, maupun warga lain untuk menonton. 

Mereka sangat antusias menyaksikan arak-arakan dengan berdiri di kanan dan kiri jalan yang dillalui karnaval. Kepala Desa (Kades) Sembunganyar, Abdul Khobir, menyebut karnaval HUT ke-78 RI tahun ini diikuti 13 RT dan 6 lembaga pendidikan SD, TK dan TPQ.

"Juga diikuti oleh para perangkat desa lain, dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD)," ucapnya.

Menurut Khobir, peserta karnaval mengkreasikan bermacam kostum. Antara lain kostum tentara atau TNI, Polri, petani, busana adat Jawa Timur, Yogjakarta, dan sejumlah daerah lain. Peserta karnaval kata Khobir, juga membawa sejumlah hasil pertanian dan perikanan, seperti kacang-kacangan, padi, pisang, dan ikan. 

Peserta karnaval juga membawa sejumlah kreasi boneka besar, antara lain, sapi, orang-orangan sawah, ikan koi, ikan lele, burung garuda, dan lainnya.

"Dan, masih banyak kreasi lain," tuturnya.

, Gunawan Purna Atmaja bersama peserta karnaval dengan membawa kreasi sepasang sapi pembajak sawah. FOTO: SYUHUD/BANGSAONLINE.com

Khobir menyampaikan, karnaval yang digelar oleh Pemdes Sembunganyar ini sebagai momentum masyarakat Sembunganyar dalam mengisi kemerdekaan ke-78 RI, untuk membangun sektor pertanian dan perikanan yang mantap, dan sarana untuk bersilaturahmi antara warga satu dan lainnya.

"Saya sangat bersyukur atas keguyuban warga kami dalam menyemarakkan HUT ke-78 RI dengan menggelar karnaval," tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video