Gubernur Khofifah Apresiasi Kirab Budaya Grebeg Tutup Suro di Ponorogo | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gubernur Khofifah Apresiasi Kirab Budaya Grebeg Tutup Suro di Ponorogo

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Selasa, 15 Agustus 2023 20:24 WIB

Gubernur Khofifah saat foto bersama masyarakat dalam Kirab Budaya Grebeg Tutup Suro di Ponorogo.

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Gubernur mengapresiasi pelaksanaan Kirab Grebeg Tutup Suro yang digelar Pemkab , Selasa (15/8/2023). Menurut dia, festival ini memberikan efek berganda bagi masyarakat

Bukan sekadar menjadi perayaan untuk menutup Bulan Suro atau Muharram, gubernur menyatakan acara tersebut merupakan ajang pelestarian budaya, menyokong pariwisata, serta meningkatkan perekonomian masyarakat lokal.

"Grebeg Tutup Suro secara kultural merupakan wujud syukur masyarakat terhadap sang pencipta yang terbentuk melalui ekspresi budaya," ujarnya usai menghadiri Kirab Grebeg Tutup Suro di Monumen Bantarangin.

menjelaskan, Grebek Tutup Suro yang diselenggarakan setiap akhir bulan Muharram atau Bulan Suro pada penanggalan Jawa bertujuan untuk melestarikan nilai-nilai luhur yang ada, termasuk di dalamnya terdapat kesenian Reog .

"Kegiatan ini menjadi ajang pelestarian budaya dan transmisi antar generasi . Sebab, terdapat nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya sehingga dipertahankan sampai sekarang oleh masyarakat . Semoga kegiatan ini memberikan manfaat bagi masyarakat dan episentrum bagi destinasi wisata ," paparnya.

Gubernur menilai, nilai-nilai luhur yang terkandung dalam kegiatan ini terlihat dalam berbagai gerakan, simbol dan juga sikap yang dipertunjukkan. Selain sebagai penguatan budaya, budaya grebeg tutup suro juga menjadi pemicu tumbuhnya UMKM serta destinasi wisata.

"Kirab ini tentunya menarik perhatian turis lokal untuk datang dan menyaksikan secara langsung. Maka hal ini akan menjadi magnet ekonomi yang potensial bagi masyarakat dan sekitarnya. Pengunjung yang datang memberikan efek ganda terhadap sektor ekonomi dengan meningkatkan perputaran uang sekaligus memberi pemasukan bagi masyarakat ," ucapnya.

Lebih lanjut, berharap Reog yang merupakan kesenian asli dari dapat terus dilestarikan dan dikembangkan, salah satunya dengan menampilkan kesenian ini pada berbagai acara di secara kontinyu. Sehingga, wisatawan ke Mataraman tidak lengkap rasanya bila tidak datang ke serta tidak afdhol jika tidak menyaksikan kesenian ini.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video