Limbah Pabrik Aluminium Diduga Cemari Sawah, Warga Kedungringin Datangi DLH Pasuruan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Limbah Pabrik Aluminium Diduga Cemari Sawah, Warga Kedungringin Datangi DLH Pasuruan

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Habibi
Kamis, 10 Agustus 2023 21:12 WIB

Perwakilan Warga Desa Kedungringin saat mendatangi kantor DLH Kabupaten Pasuruan untuk wadul soal dugaan pencemaran limbah pabrik aluminium.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Tindakan tegas diambil sejumlah warga , Kecamatan Beji. Mereka mendatangi kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan untuk mengadukan PT Sido Agung Alumi yang diduga mencemari lahan pertanian warga.

Mayoritas warga adalah petani. Mereka prihatin terhadap dugaan pencemaran karena terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama. Bahkan, baru-baru ini situasinya semakin memburuk hingga merusak belasan hektare lahan pertanian.

Mistari (54), salah satu warga Kedungringin, mengeluhkan lahan pertanian miliknya rusak setelah diduga tercemar oleh limbah dari perusahaan aluminium.

"Padi yang baru saya tanam tiba-tiba mengering. Saya mencoba menanam lagi, tetapi hasilnya masih sama, tanaman padi kembali mengering. Saya sangat kesal karena masalah ini telah berlangsung cukup lama," ungkap Mistari.

Koordinator Forum DAS Wrati, Henry Sulfianto, juga mengutuk perilaku perusahaan yang diduga menyebabkan pencemaran lingkungan akibat limbah dari pabrik aluminium. Ia berharap perusahaan akan menghentikan pembuangan limbahnya ke Sungai Wrati atau mengubah metode pembuangan dengan memanfaatkan pipa agar lingkungan pertanian tidak tercemar.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video