Bupati Madiun Berangkatkan Kirab Tari Dongkrek Dalam Peringatan Bersih Desa | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Bupati Madiun Berangkatkan Kirab Tari Dongkrek Dalam Peringatan Bersih Desa

Editor: Siswanto
Wartawan: Hendro Suhartono
Minggu, 06 Agustus 2023 19:29 WIB

Terlihat Bupati Madiun hadir ditengah masyarakat saat kirab Dongkrek di desa Mejayan. Foto : Hendro Suhartono/BANGSAONLINE.com

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Tari Dongkrek yang berasal dari Desa/Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, merupakan salah satu budaya lokal yang hampir tidak dikenal oleh para generasi muda.

Dalam mengenalkan budaya tersebut kepada kaum muda, Desa Mejayan menggelar napak tilas cerita asal muasal tarian Dongkrek, sekaligus dalam memperingati bersih desa.

Dalam kesempatan kali ini, terlihat turut hadir untuk memberangkatkan kirab tarian Dongkrek, sekaligus sebagai hiburan warga yang melihat dari tepi jalan sepanjang jalur kirab.

Bupati Madiun, Ahmad Dawami () menjelaskan secara singkat, asal muasal tarian Dongkrek. Ia mengatakan, bahwa pencipta tarian ini adalah Palang desa Mejayan Raden tumenggung prawirodipuro dalam mengusir pageblug (wabah penyakit) maka diciptakan gamelan dongkrek.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video